Share

Orangtua Wajib Biasakan Anaknya Makan Sayur dan Buah

Kevi Laras, MNC Portal · Kamis 12 Mei 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 298 2593117 orangtua-wajib-biasakan-anaknya-makan-sayur-dan-buah-VxWU9ygso4.jpg Makan sayur dan buah (Foto: Healthline)

DI tengah pandemi Covid-19, berbagai penyakit pun bermunculan, seperti Hepatitis akut misterius pada anak dan penyakit mulut dan kuku pada binatang.

Ini mengingatkan pentingnya kesehatan, khususnya anak-anak yang diketahui antibodinya belum sempurna.

 sayur dan buah

Melihat perkembangan itu, dokter gizi mengatakan penting bagi anak-anak, seperti di atas usia 2 tahun mengonsumsi buah dan sayur. Menurutnya mampu memenuhi kandungan protein, vitamin dan mineral dalam tubuh, untuk membentuk sistem kekebalan tubuh (imunitas).

"Jadi intinya sayur buah untuk anak-anak yang diatas 2 tahun membiasakan makan sayur dan buah. Sebagai orang tua, atau orang dewasa juga memberi contoh membiasakan makan sayur dan buah," tutur Ahli Gizi, dr Elfina Rachmi, MGizi, SpGK.

Lebih lanjut, ia menerangkan bagi anak usia di bawah 1 tahun tidak dengan buah. Melainkan bisa memenuhi asupannya, mengonsumsi protein dan lemak. Tapi dia mengingatkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk lebih jelasnya.

"Tapi kalau dibawah 1 tahun itu, tidak dianjurkan makan buah seperti itu. Asupan utamanya adalah protein dan lemak diutamakan. Jadi lebih spesifik diliat dari usianya," jelasnya.

Dia mengingatkan perlu adanya tambahan, bila anak demam. Bahkan ia mengatakan jika ada sakit tertentu, bisa meminum vitamin atau suplemen untuk menambah agar terbentuknya antibodi.

 BACA JUGA:Cegah Terpapar Hepatitis, Yuk Bersihkan Daging Sayur dan Buah dengan Benar

"Apabila kurang mungkin ada kebutuhan khusus apabila sedang demam atau penyakit. Berarti kebutuhannya meningkat. Boleh dibantu juga sumplementasi dosisnya juga sesuai kebutuhan anak," tambah dr Elfina.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini