Share

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Lupus agar Gejala Terkendali

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 298 2593216 5-makanan-yang-dianjurkan-untuk-penderita-lupus-agar-gejala-terkendali-oD6P1P34SD.jpeg Makanan yang dianjurkan untuk penderita Lupus (Foto: Healthline)

MAKANAN yang dianjurkan untuk penderita Lupus penting untuk diketahui.  Dalam artikel ini akan dibahas pola makan dan menu yang patut dikonsumsi penderita Lupus untuk mengendalikan gejala. 

Lupus merupakan kondisi autoimun kronis yang bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Penyakit autoimun seperti lupus ini, adalah kondisi sistem kekebalan tubuh sendiri bertanggung jawab atas peradangan dan kerusakan sel-selnya sendiri.

Mengingat sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan lupus secara menyeluruh. Salah satu cara utama untuk menjaga kondisi pengidap lupus ialah mengurangi peradangan dan gejalanya, yakni dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Secara ideal disebut memang tak ada diet valid dan maksimal untuk lupus. Seperti kondisi medis lainnya, jika mengidap penyakit tertentu maka pasien harus mengonsumsi campuran makanan yang sehat dan beberapa makanan tertentu mungkin lebih baik daripada yang lainnya untuk mengendalikan gejala.

Melansir Healthline yang sudah ditinjau secara medis oleh Nancy Carteron, M.D., FACR, Kamis (12/5/2022) mari simak uraian singkat makanan yang dianjurkan untuk pengidap penyakit lupus, berikut di bawah ini.

1. Daging ikan

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Lupus

(Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Lupus, Foto: Healthline)

Ganti konsumsi daging merah Anda dengan daging ikan yang kaya akan kandungan omega 3. Disarankan untuk mengonsumsi daging ikan salmn, tuna, ikan kembung, dan sarden. Omega 3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang membantu melindungi dari penyakit jantung dan stroke yang juga bekerja mengurangi peradangan dalam tubuh.

BACA JUGA : Hari Lupus Sedunia: Kisah Suami Pantang Menyerah Mendampingi Istrinya Penyandang Lupus

2. Makanan tinggi kalsium

Obat steroid yang mungkin dikonsumsi untuk mengendalikan lupus bisa menipiskan tulang. Efek samping ini membuat pengidap lupus jadi lebih rentan mengalami patah tulang. Maka dari itu dianjurkan untuk makan makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D. Misalnya susu rendah lemak, keju, yogurt, tahu, kacang polong, susu nabati yang diperkaya kalsium dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan brokoli.

BACA JUGA : Jaga Kesehatan, Penyandang Lupus Wajib Atur Pola Makan dan Olahraga

3. Rempah-rempah

Kurangi asupan garam dan ganti ‘rasa’ dengan penggunaan rempah-rempah untuk meningkatkan cita rasa makanan, seperti lemon, lada, bubuk kari, kunyit dan aneka herbs lain.

4. Ganti sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat bukan hanya dari nasi, nah bagi penderita lupus untuk asupan karbohidrat dianjurkan mengonsumsi sumber karbohidrat gandum utuh. Contohnya jelai, beras merah, soba, bubur gandum, havermut, roti gandum, pasta atau biskuit.

5. Buah dan sayur

Jangan hanya makan protein dan karbohidrat saja, tapi tambah dengan perpaduan buah-buahan dan sayuran warna-warni. Tapi ingat, ada beberapa jenis buah dan sayur yang diketahui sensitif untuk pengidap lupus. Misalnya kentang putih, tomat, paprika manis-pedas, dan terong. Sebaiknya, catat makanan apa saja yang dimakan lalu hilangkan makanan apa pun termasuk sayuran yang menyebabkan gejala kambuh setiap kali dimakan. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini