Share

Kenali Gejala Heat Exhaustion dan Heatstroke Akibat Cuaca Panas Terik, Catat Pencegahannya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 481 2592751 kenali-gejala-heat-exhaustion-dan-heatstroke-akibat-cuaca-panas-terik-catat-pencegahannya-ZwHoq8Uik7.jpg Cuaca Panas Terik Berdampak pada Kesehatan (Foto: Gulfnews)

BELAKANGAN ini Indonesia dilanda cuaca panas terik, termasuk di Jabodetabek. Kondisi ini ternyata dapat berdampak terhadap kesehatan.

Menurut ahli penyakit menular, dr. Faheem Younus, MD, melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, ”@FaheemYounus”, gelombang panas yang terjadi di berbagai belahan dunia ini bisa berakibat sangat fatal alias mematikan bagi kelompok orang-orang lanjut usia.

“Gelombang panas di berbagai belahan dunia akan mematikan bagi para lansia, pelajari gejalanya,” tulis dokter Faheem, Rabu (11/5/2022).

Cuaca Panas Terik

Selain mengetahui apa saja gejala kelelahan karena panas atau heat exhaustion dan heatstroke yang bisa dipicu dari gelombang panas, dokter Faheem juga mengingatkan yang terpenting adalah sering minum air, meskipun sedang tidak merasa haus.

“Jadwalkan minum segelas air setiap 2 jam, bahkan jika Anda tidak haus. Ini akan membuat Anda tetap terhidrasi,” imbuhnya.

BACA JUGA : Cuaca Panas Terik, Coba Tips agar Terhidrasi Optimal!

Seperti apa gejala dan bagaimana langkah pertama penanganannya? Berikut uraian singkat gejala heat exhaustion dan heatstroke serta tindak penanganan pertamanya.

A) Heat exhaustion

1. Kepala terasa pusing atau bisa sampai pingsan;

2. Di area kepala dan wajah banyak berkeringat banyak atau berlebih;

3. Tubuh demam, terlihat pucat dan kulit basah (clammy skin);

4. Perut terasa mual bahkan bisa sampai muntah;

5. Denyut nadi di pergelangan tangan terasa lemah;

6. Mengalami kram otot di bagian kaki;

BACA JUGA : Panas Terik hingga 36 Derajat Celsius, Ini Kata BMKG

Tindakan penanganan pertama: Jika mengalami gejala-gejala di atas, segera menuju tempat yang lebih dingin atau ruangan ber-AC lalu minum air mineral ( jika dalam keadaan sadar penuh), mandi air dingin atau kompres tubuh dengan air dingin.

B) Heatstroke

1. Sakit kepala berdenyut dan merasa kebingungan;

2. Area kepala dan wajah tidak berkeringat

3. Suhu tubuh di atas 103

4. Kulit tubuh, misalnya bagian lengan jadi merah, terasa panas dan juga kering;

5. Perut terasa mual lalu muntah-muntah;

6. Denyut nadi di pergelangan tangan terasa cepat dan kuat;

7. Kemungkinan bisa saja sampai kehilangan kesadaran;

Tindakan penanganan pertama: Pindahkan orang yang mengalami heatstroke ke tempat yang lebih dingin. Kenakan pakaian yang sejuk dan dingin atau mandi, hindari memberi minum apa pun kepada pasien, dan segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini