Share

Hepatitis Misterius Benarkah Disebabkan Paracetamol?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 481 2593571 hepatitis-misterius-benarkah-disebabkan-paracetamol-8NohJLGnro.jpg Penggunaan paracetamol (Foto: Global Times)

HEPATITIS misterius benarkah disebabkan paracetamol. Hal ini menjadi pertanyaan banyak orang.

Pemakaian  obat paracetamol, tiba-tiba muncul menjadi kemungkinan lain yang berhubungan dengan merebaknya wabah penyakit hepatitis pada anak-anak saat ini.

Dugaan ini muncul seiring peningkatan tajam kasus hepatitis pada anak-anak di Inggris, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) melaporkan saat ini sudah ada 163 anak yang tertular virus hepatitis dan 11 orang di antaranya membutuhkan transplantasi hati karena infeksi.

 anak kena hepatitis misterius

Selama penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap peningkatan tajam dalam kasus ini, terlihat kasus hepatitis terjadi dalam lingkungan rumah tangga yang anaknya menggunakan paracetamol.

Dikutip dari Express, Jumat (13/5/2022) dari tiga perempat responden yang diselidiki menyebutkan bahwa anak-anak mereka baru saja menggunakan paracetamol sebelum infeksi hepatitis terjadi, dan hanya sedikit yang melaporkan penggunaan ibuprofen.

Oleh karena itulah, mengapa paracetamoL disebut bisa dikaitkan dengan peningkatan kasus hepatitis yang sedang terjadi.

Selain dugaan berhubungan dengan penggunaan paracetamol, UKHSA menambahkan bahwa dari penyelidikan yang ada, memang terus menunjukkan adanya hubungan hepatitis anak ini dengan adenovirus.

Mengingat adenovirus menjadi virus yang paling sering terdeteksi dalam sampel yang diuji. Padahal tidak umum untuk ada hepatitis setelah infeksi adenovirus pada anak-anak yang sebelumnya sehat-sehat saja.

Menurut data dari UKHSA, dalam penyelidikan yang sama terhadap keluarga yang mengalami wabah hepatitis tersebut, telah juga ditemukan 64 kasus positif terjadi pada anak-anak yang telah terpapar gigi taring anjing peliharaan di rumah atau anjing di tempat lain.

Sehingga, para ahli menyebutkan anjing atau paracetamol kemungkinan juga bisa memicu wabah hepatitis yang aneh pada anak-anak ini.

 BACA JUGA:Update Hepatitis, Kemenkes Sebut 7 Kasus Ditemukan Tak Bergejala Berat

Saat ini, UKHSA tengah terus melakukan penyelidikan terhadap faktor-faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab hepatitis misterius pada anak, seperti Covid atau perubahan genom adenovirus.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini