Share

Bisa Dicoba Cara Mengeluarkan Mata Bisul Tanpa Sakit dan Ampuh

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 481 2593627 bisa-dicoba-cara-mengeluarkan-mata-bisul-tanpa-sakit-dan-ampuh-VAk3CQw8So.jpg Cara Mengeluarkan Mata Bisul (Foto: Shutterstock)

CARA mengeluarkan mata bisul perlu langkah yang tepat agar tidak terjadi iritasi.Bisul sendiri, terjadi karena infeksi bakteri dalam folikel rambut. Akibatnya, muncul benjolan kemerahan yang sangat menyakitkan, bahkan dapat disertai rasa demam.

Mulanya bisul berukuran kecil, lalu bertambah besar karena mengalami pembengkakan, bernanah, dan terbentuk titik putih di bagian puncak benjolan. Di kebanyakan kasus bisul sembuh dengan sendirinya. Namun, ada cara yang lebih cepat dalam membantu proses penyembuhan bisul.

Adapun,cara mengeluarkan mata bisul bukah hal mudah untuk mengeluarkan mata bisul. Mata bisul tak bisa serta merta dikeluarkan sendiri, lantaran diperlukan membuat sayatan (insisi) pada bisul dan dibantu oleh dokter atau tenaga medis.

Penyayatan atau insisi untuk mengeluarkan mata bisul merupakan perawatan standar, terutama untuk bisul yang sudah berukuran besar. Sebelum melakukan sayatan, dokter atau tenaga medis melakukan anestesi kepada pasien. Hal ini dilakukan agar pasien tidak mengalami kesakitan.

Setelah disayat dan mengeluarkan mata bisul, dokter akan meletakkan satu atau lebih potongan kasa di dalam luka terbuka guna membantu menghilangkan sisa nanah dan cairan dari luka.

Selain itu, luka bisul akan menjadi tetap bersih serta memungkinkan untuk membantu jaringan pulih dengan lebih baik. Dalam beberapa kasus, luka akan dibersihkan dengan larutan garam steril. Dokter terkadang juga menggunakan larutan antiseptik, salep atau pembalut.

Setelah itu, cara mengeluarkan mata bisul tidak dijahit. Sebab, setelah dilakukan penyatatan untuk membuka benjolannya  secara bertahap menutup dengan sendirinya, atau dikenal sebagai penyembuhan luka terbuka.

Selain itu, pengobatan bisul juga bisa dilakukan dengan menggunakan rempah-rempah bisa mengempeskan bisul yang tadinya membesar. Minyak daun teh juga mempercepat proses penyembuhan bisul. Karena sudah dipercaya, bahwa minyak tersebut bersifat antibakteri dan antiseptik. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini