Share

Dokter: Penyakit Hepatitis Misterius Bisa Sembuh!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 481 2593717 dokter-penyakit-hepatitis-misterius-bisa-sembuh-iViigUZtJy.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto: Froddo)

HEPATITIS misterius masih terus diteliti penyebab utamanya. Karena belum diketahui apa penyebabnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun belum punya definisi konfirmasi positif hepatitis misterius.

Penyakit ini diduga sudah menyebabkan 7 anak di Indonesia meninggal. Kementerian Kesehatan sendiri melaporkan, secara total ada 18 kasus diduga hepatitis misterius. Artinya, nyaris 50 persen dari pasien yang kini tengah dirawat meninggal dunia.

 anak kena hepatitis akut

Meski begitu, masyarakat perlu tahu bahwa hepatitis misterius dapat disembuhkan. Ya, penyakit ini bisa ditangani dengan baik dan Indonesia mampu melakukannya.

"Penyakit hepatitis misterius bisa sembuh dan ketika pasien dinyatakan sembuh, dia dapat hidup normal seperti biasanya," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril, Jumat (13/5/2022).

 BACA JUGA:RS Sulianti Saroso Pastikan 7 Pasien Hepatitis Akut Negatif Covid-19

Dokter Syahril menjelaskan, saat pasien hepatitis misterius ini dinyatakan sembuh, dia tidak akan lagi merasakan gejala yang menetap atau menjadi berat.

"Tapi, si pasien tetap bisa terjangkit penyakit berulang, jika dia berinteraksi atau kontak erat dengan pasien diduga hepatitis misterius," paparnya.

Jadi, sambung Dokter Syahril, ketika si pasien sudah dinyatakan sembuh maka hidupnya kembali seperti biasa. Ini sama saja seperti kasus Covid-19.

"Jadi, kami menekankan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir, penyakit hepatitis misterius ini bisa disembuhkan dan jika pasien sembuh, dia bisa hidup normal kembali," tegasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini