Share

Satgas Hepatitis Misterius Sudah Dibentuk Kemenkes, Situasi Semakin Berbahaya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 481 2593727 satgas-hepatitis-misterius-sudah-dibentuk-kemenkes-situasi-semakin-berbahaya-GOCJoQnpNt.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto:Istock)

SATGAS Hepatitis Misterius ternyata sudah dibentuk Kementerian Kesehatan. Ini dibenarkan oleh Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril.

"Ya, ada. Saya sendiri masuk ke dalam tim itu (Satgas Hepatitis Misterius)," kata dr Syahril saat konferensi pers virtual, Jumat (13/5/2022).

 anak kena hepatitis akut

Menurut dr Syahril, Satgas Hepatitis Misterius dibentuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tak lama setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pernyataan resmi terkait penyakit tersebut.

Anggota dari Satgas Hepatitis Misterius, kata dr Syahril, tidak hanya terdiri dari pihak Kementerian Kesehatan, melainkan dilibatkan juga di dalamnya tenaga profesi, para ahli, dan pakar yang biasa disebut dengan Komite Ahli.

 BACA JUGA:Dokter: Penyakit Hepatitis Misterius Bisa Sembuh!

"Komite ahli yang terlibat di Satgas Hepatitis Misterius punya tugas untuk mendiskusikan langkah-langkah tepat untuk menangani kasus hepatitis misterius ini, termasuk di dalamnya penentuan tindakan preventif atau pencegahan apa yang bisa dilakukan pemerintah maupun masyarakat," terang dr Syahril.

Selain mendiskusikan langkah pencegahan, komite ahli juga bertugas untuk menentukan diagnosis penyakit hingga bagaimana tata laksana penyakit hepatitis misterius tersebut.

"Sebagai contoh, penatalaksanaan atau pengobatan atau perawatan pasien hepatitis misterius ini telah dibuat pedomannya oleh teman-teman dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), bersama para ahli, sehingga pedoman ini yang kami pakai di Indonesia," papar dr Syahril.

"Termasuk langkah-langkah di laboratorium beserta urutan-urutannya," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini