Share

Fakta Baru! 7 Anak Meninggal Hepatitis Misterius Datang ke RS dengan Kondisi Begini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 481 2593752 fakta-baru-7-anak-meninggal-hepatitis-misterius-datang-ke-rs-dengan-kondisi-begini-1H1pLYGWEC.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto: Courier post)

DIREKTUR Utama RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril mengungkapkan kondisi terakhir 7 anak meninggal karena diduga hepatitis misterius. Menurutnya, hampir semua pasien dalam keadaan serius alias sakit berat.

Kondisi itu bisa terjadi, kata dr Syahril, karena pasien diduga hepatitis misterius datang ke rumah sakit terlambat. Ini yang membuat pasien sulit tertolong di rumah sakit.

anak kena hepatitis akut

"Hampir semua dirujuk dengan keterlambatan di rumah sakit. Artinya, pasien sudah mengalami perburukan kondisi saat ditangani di rumah sakit," kata dr Syahril saat konferensi pers virtual, Jumat (13/5/2022).

Ia melanjutkan, "Pasien ada yang sudah kejang-kejang, ada juga yang tingkat kesadarannya menurun."

Kondisi itu, sambungnya, sudah sulit ditangani di tingkat rumah sakit. Ini yang membuat dokter dan tenaga kesehatan di rumah sakit tidak bisa memberikan pertolongan lebih lanjut.

Dengan data tersebut, dr Syahril mengimbau betul kepada para orangtua agar tidak terlambat membawa anaknya ke rumah sakit. Jangan tunggu sampai si anak sakit parah baru ke rumah sakit.

"Kepada para orangtua, diimbau agar tidak boleh menunda membawa si kecil ke rumah sakit. Jika anak sudah menunjukkan gejala hepatitis misterius, segera datangi fasilitas kesehatan. Jangan tunggu sampai anak mengalami gejala yang lebih berat baru ke rumah sakit," sarannya.

"Jadi, jangan tunggu tubuh si anak menguning semua atau si anak mengalami kejang. Kalau sudah bergejala seperti muntah, mual, atau diare, cepat ditangani supaya tidak lanjut ke gejala lebih berat dan pertolongan medis bisa diberikan lebih maksimal dan optimal," tambah dr Syahril.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini