Share

Benarkah Sunscreen Waterproof Itu Tahan Air?

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 611 2593909 benarkah-sunscreen-waterproof-itu-tahan-air-lB3ADT20kQ.jpeg Tips memakai sunscreen (Foto: Timesofindia)

MASIH banyak orang salah kaprah soal produk sunscreen atau tabir surya dengan klaim waterproof dan water resistant. Produk yang satu ini memang jadi andalan bagi perenang serta para Muslim yang kerap berwudhu setiap harinya.

Seringkali orang menganggap klaim waterproof sudah cukup melindungi kulit, sehingga tidak perlu mengaplikasikannya secara ulang. Padahal, sebenarnya tidak ada sunscreen yang benar-benar waterproof alias tahan air ataupun keringat.

Sunscreen

"Waterproof itu gak ada, adanya water resistant," ucap dr. Claudia Christin dalam acara Medical Innovation Expert BeautyHaul, Jumat (15/3/2022).

BACA JUGA : 5 Keuntungan Rajin Pakai Sunscreen, Bisa Hindari dari Kanaker Loh

FDA pun kini sudah tidak mengizinkan sunscreen untuk memberi label produk mereka sebagai tahan air atau tahan keringat. Standar produk tabir surya adalah label water resistant atau sweat resistant. Tapi, untuk memakai label itu, sunscreen tersebut pun harus lulus tes terlebih dahulu.

BACA JUGA : Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Meskipun berlabel water resistant, dr. Claudia tetap menyarankan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setelah berenang ataupun terkena air. Bahkan, harus lebih sering dari biasanya karena air dapat mengikis sunscreen yang digunakan. Pasalnya, sunscreen hanya bertahan selama 40 menit atau 80 menit dalam air.

"Sunscreen water resistant itu diuji hanya untuk memberi perlindungan 40-80 menit, kebanyakan cuma 40 menit. Tapi, bukan berarti perlindungannya masih optimal. Beberapa menit kemudian mungkin udah luntur," tutur dr. Claudia.

Oleh karenanya, dr. Claudia mengimbau pengguna sunscreen water resistant, ataupun sunscreen biasa untuk tetap mengaplikasikan ulang secara berkala setiap 2-3 jam sekali, dengan takaran sekira 2 jari. Tak lupa juga, pilihlah sunscreen berlabel broad spectrum dengan kandungan sun protection factor (SPF) setidaknya pada angka 30 agar kulit bisa terlindungi secara maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini