Share

Peneliti Temukan Penyebab Bayi Meninggal Mendadak, Orangtua Wajib Simak!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 481 2594058 peneliti-temukan-penyebab-bayi-meninggal-mendadak-orangtua-wajib-simak-vKayEAJqPg.jpg Orangtua wajib memperhatikan bayinya (Foto: First cry parenting)

BAYI meninggal mendadak atau SIDS ditemukan penyebabnya. Penelitian yang dilakukan di Australia menemukan bahwa kadar enzim spesifik yang disebut butyrylcholinesterase (BChE) berkaitan dengan SIDS.

Studi dilakukan di Rumah Sakit Anak di Westmead (CHW) di Australia. Peneliti menganalisis sampel darah dari bayi sebagai bagian dari skrining bayi baru lahir.

 bayi

Mereka mengukur tingkat BChE pada bayi yang meninggal karena SIDS dan penyebab lain, masing-masing dibandingkan dengan 10 bayi yang masih hidup dengan tanggal lahir dan jenis kelamin yang sama. Hasil diketahui bahwa kadar BChE yang rendah berisiko tinggi bayi meninggal mendadak.

"Kami mendapati fakta bahwa bayi yang mengalami SIDS kadar BChE-nya rendah, dibandingkan dengan bayi yang masih hidup," terang Dr Carmel Harrington, ketua peneliti dalam studi ini, dikutip MNC Portal dari Fox News, Sabtu (14/5/2022).

Lebih lanjut, enzim BChE ternyata berkaitan dengan kesehatan otak. Saat kadar BChE rendah, bayi menjadi kurang merespons dan itu memengaruhi kemampuan si bayi untuk bangun atau merespons lingkungan. "Ini menempatkan si bayi rentan SIDS," tambah dr Harrington.

Bayi yang dinyatakan SIDS pada umumnya meninggal dalam keadaan tidur. Bayi terlihat sehat, tidak menunjukkan perburukan kondisi sebelum meninggal. Ini yang membuat orangtua amat takut ketika bayinya tidak bangun dari tidurnya.

"Secara alamiah, bayi akan otomatis bangun ketika dia tidak merasa aman saat tidur, misal susah bernapas karena tidur tengkurap. Nah, bayi SIDS kehilangan kemampuan untuk bangun karena otak tidak begitu merespons saat ada situasi mengancam nyawa," terang dr Harrington.

 BACA JUGA:Viral Bayi Berusia 3 Bulan Ini Dapat THR Lebaran Rp46,4 Juta

Dengan adanya data ini dr Harrington berharap di semua rumah sakit dilakukan pemeriksaan kadar BChE pada bayi yang baru lahir, karena itu terkait dengan risiko si bayi pada kondisi SIDS.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini