Share

Cegah Hepatitis Misterius, Ampuhkah Vaksin yang Ada?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 481 2594279 cegah-hepatitis-misterius-ampuhkah-vaksin-yang-ada-Fud4AIz5yf.jpg Vaksin Hepatitis (Foto: Medicaldaily)

PENYEBAB hepatitis misterius belum diketahui sampai sekarang. Para peneliti di seluruh dunia tengah menyelidiki lebih lanjut penyebab dari penyakit yang kini sudah banyak dilaporkan di seluruh dunia tersebut.

Di sisi lain, masyarakat terus diingatkan untuk menjaga kebersihan diri, khususnya orangtua agar memastikan buah hatinya rajin cuci tangan dan tidak makan sembarangan. Terlebih, hepatitis misterius ini bisa menular lewat mulut dan hidung.

Vaksin Hepatitis

Upaya pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah melengkapi vaksin hepatitis A, B, C, D, hingga E. Walau sampai saat ini belum ada kepastian terkait apakah vaksin hepatitis yang sudah ada di Indonesia itu bisa mencegah hepatitis misterius.

"Vaksinasi hepatitis yang sudah ada saat ini memang ditujukan untuk hepatitis yang sudah ada. Kalau ditanya apakah vaksinasi hepatitis yang tersedia itu bisa mencegah hepatitis misterius, biarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia yang menyampaikan informasinya," papar Dirut RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtualnya, baru-baru ini.

BACA JUGA : Cegah Hepatitis Misterius, Orangtua Diminta Perhatikan Kesehatan Anaknya

BACA JUGA : Merebak Kasus Hepatitis Misterius, Apakah Vaksinasi Kurang Efektif?

Hepatitis misterius yang sedang merebak, kata dr Syahril, penyebabnya saja belum diketahui, bagaimana bisa membuat vaksinnya. Tapi, kalau nanti penyebabnya ditemukan, kemungkinan vaksinnya akan segera dibuat mengingat penyakit ini bisa sebabkan kondisi serius pada anak, hingga kematian.

"Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan vaksin yang pas dengan hepatitis misterius yang penyebabnya belum diketahui ini," terang dr Syahril.

"Jadi, sekali lagi, kalau ditanya apakah vaksin hepatitis yang ada sekarang bisa menangkal hepatitis misterius, kita tunggu informasinya dari IDAI, ya, selagi masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan seperti cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini