Share

Kisah Dokter Hewan Pilih Jadi Aktivis Selamatkan Binatang Terlantar Ketimbang Buka Praktik

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 612 2594443 kisah-dokter-hewan-pilih-jadi-aktivis-selamatkan-binatang-terlantar-ketimbang-buka-praktik-tNQgHP5kJe.jpg Kisah dokter hewan terjun langsung selamatkan binatang terlantar (Foto: Istimewa)

MENJADI seorang dokter hewan banyak mengalami kisah pengalaman hidup unik. Seperti yang dirasakan Drh Merry yang juga dikenal sebagai Direktur Jakarta Animal Aid Network.

Drh Merry mengatakan, profesi seorang dokter hewan memiliki peran dan tanggung jawab penting terhadap kesehatan hewan. Doktet hewan juga harus meningkatkan kesejahteraan hewan, serta kesehatan masyarakat jika berkaitan dengan penyakit hewan atau sejenisnya.

Dokter Hewan

"Saya bisa dapat privilege yaitu platform untuk saya speak up terkait isu yang memang saya concern dan saya perjuangkan yaitu kesejahteraan hewan dan kesejahteraan shelter," ujarnya saat live IG bersama The SCRB Project bertajuk #ForAllHeroes.

Dia menambahkan, dalam mengemban tugas tersebut tak menutup kemungkinan para dokter hewan untuk memilih jalur karier yang berbeda-beda. Pada umumnya, setelah pendidikan seorang dokter hewan akan membuka praktik pribadi seperti klinik ataupun rumah sakit hewan untuk membantu hewan-hewan peliharaan.

BACA JUGA : Tak Kunjung Diberi Cucu, Ortu Gugat Anak hingga Rp9,5 Miliar!

Berbeda dengan Drh Merry, ia tak memilih untuk menempuh jalur umum itu. Ia terjun dan membantu binatang yang terlantar dan yang mengalami kekerasan oleh manusia.

BACA JUGA : Viral Perempuan Gedor-Gedor Peti Mati Minta Dibukakan Jelang Dimakamkan, 'Hidup Lagi' Usai Dinyatakan Meninggal!

Dokter cantik ini memilih untuk menjadi seorang aktivis dan melanjutkan kariernya sebagai shelter vet agar bisa turun tangan untuk mensejahterakan kehidupan hewan dalam bentuk praktik maupun advokasi seperti mengambil andil untuk mengubah kebijakan di pemerintah dan mengedukasi masyarakat luas.

“Saya bersyukur dan ini bukan perjuangan satu tahun, tapi selama 8,5 tahun saya konsisten di sini, bertumbuh dan berkembang, bersama-sama belajar," terangnya.

Mencintai hewan sejak kecil, membuat Drh Merry menyadari passion hidupnya adalah untuk menjadi penolong bagi hewan-hewan yang membutuhkan. Banyak perjuangan dan rintangan yang harus dilewati, seperti pertentangan dan harapan yang diberikan oleh keluarganya.

Ia juga merasakan peer pressure saat melihat pilihan karier teman-teman yang memilih untuk membuka praktik dan menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Namun, saat membesarkan JAAN dan menolong hewan terlantar, membuatnya bahagia.

“Saya bisa going extra mile ini bukan karena saya, melainkan karena ada tim yang luar biasa yang menjadi support system saya,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini