Share

Jajal Buat Steak di Rumah Yuk, Begini Tipsnya dari Chef di New York

Tim Okezone, Okezone · Senin 16 Mei 2022 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 298 2595030 jajal-buat-steak-di-rumah-yuk-begini-tipsnya-dari-chef-di-new-york-Anunkz8aiw.jpeg Ilustrasi Steak. (Foto: Shutterstock)

MEMBUAT steak berkualitas sendiri di rumah memang tidak mudah. Apalagi, Anda harus memiliki potongan daging yang berkualitas tinggi. Tapi, ada beberapa tips bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuat steak di rumah.

Dikutip dari Travelandleisure, Anda harus mencari tukang daging yang menjual daging steak bermutu. Chef Michael Lomonaco dari Porter House NYC merekomendasikan potongan daging 1,5 inci bila Anda memilih secara spesifik potongan daging dan ketebalannya.

"Itu steak yang berat tapi membuatmu punya kesempatan untuk memanggang kedua sisi tanpa membuatnya terlalu matang," katanya seperti dikutip dari Antara.

Steak

Jika Anda belum biasa memasak steak, coba mulai dari rib-eye yang lebih mudah dimasak karena kematangannya lebih merata saat dipanggang. Rib-eye cenderung lebih berlemak dan populer di banyak restoran steak.

Keluarkan daging steak dari kulkas sekitar 10-15 menit sebelum mulai dimasak. Steak dengan suhu ruang bisa dimasak lebih efisien ketimbang steak yang benar-benar baru keluar dari kulkas. Sebelum menyalakan api, siapkan dulu semua bahan dan alat seperti talenan, pisau, garam hingga piring saji.

Alat pemanggang atau cast iron bisa jadi pilihan untuk memasak steak. Panaskan cast iron selama 5-10 menit, tak perlu memakai minyak. Tunggu hingga panas, baru masukkan steak dan tekan dengan spatula agar seluruh permukaan betul-betul terpanggang. Tunggu selama tiga hingga empat menit, balik daging dan panggang sisi satu lagi selama 3-4 menit.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Setelahnya, Anda bisa memasukkannya ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190 derajat celcius. Durasi memasak dalam oven tergantung dari daging yang dimasak, tapi kisarannya 4-8 menit dalam oven. 

Anda bisa memakai temperatur daging setelah empat menit untuk mengecek suhu steak sesuai temperatur yang Anda inginkan. Bila ingin steak dengan kematangan medium rare, temperatur yang ideal adalah 57 derajat celcius.

Proses memasak sudah selesai, langkah lainnya yang harus dilakukan adalah mendiamkan daging steak selama lima hingga sepuluh menit agar jus dari dagingnya tetap tersimpan di dalam. Waktu "istirahat" ini membuat daging tetap juicy saat dipotong. Anda bisa menambahkan salad, kentang, atau makanan pendamping lainnya sesuai selera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini