Share

2 Gejala Long Covid Ini Berlangsung Layaknya Orang Hamil

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 481 2594907 2-gejala-long-covid-ini-berlangsung-layaknya-orang-hamil-udWM1X3vZb.jpg Ilustrasi Long Covid. (Foto: Shutterstock)

MEREKA yang terpapar Covid-19 memang sangat mungkin mengalami gejala lanjutan yang disebut long Covid-19. Gejala Long Covid pun bermacam-macam dan berbeda bagi para individu.

Tidak hanya itu, long Covid-19 pun dapat berlangsung dari minggu hingga bulanan. Sebuah studi dari Journal of Infection menetapkan 'gejala sisa' Covid-19 yang dapat berlangsung selama beberapa bulan setelah infeksi.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa 37% menunjukkan setidaknya empat gejala dan 42% melaporkan gejala yang berlangsung selama lebih dari 28 hari. Selain itu, 20% pasien masih tanpa gejala pada bulan kesembilan dengan dua gejala klasik Covid-19.

Long Covid

Berikut 2 gejala yang lazimnya dialami bagi pasien long Covid-19.

Kelelahan dan Sesak Nafas

Studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Infection menemukan bahwa kelelahan dan sesak napas merupakan gejala umum yang berlangsung lama pada sekitar 20% peserta, lazimnya 9 bulan setelah pemulihan.

Tekanan Psikologi

Selain itu, penelitian juga mencatat bahwa sementara 18% pasien tidak kembali ke kesehatan fisik pra-Covid yang optimal, 19% melaporkan tekanan psikologis selama bulan kesembilan.

Para peneliti menemukan, bahwa pasien rawat inap dan persistensi gejala pada hari ke 28 dan bulan kesembilan jadi prediktor independen dari kesehatan fisik yang kurang optimal. Di mana jenis kelamin perempuan persistensi (menetap), pada hari ke 28 dan bulan kesembilan merupakan prediktor untuk tekanan psikologis.

Terlepas dari gejala dan durasi Covid-19 yang lama, penelitian ini juga menemukan faktor risiko tertentu bagi usia 50 tahun ke atas. Menurut para peneliti, pasien usia 50 tahun lebih membutuhkan rawat inap dan menunjukkan empat atau lebih gejala cenderung menetap beberapa bulan setelah pemulihan.

"Pasien dengan usia lanjut, tinggal di ICU dan beberapa gejala saat onset lebih mungkin menderita gejala jangka panjang, berdampak negatif pada kesejahteraan fisik dan mental," kata peneliti dilansir Times of India, Senin (16/5/2022).

"Studi ini berkontribusi untuk mengidentifikasi populasi target dan konsekuensi Covid yang panjang untuk perencanaan intervensi pemulihan jangka panjang," tambah mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini