Share

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Kesehatan Otak

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 298 2595419 5-makanan-yang-wajib-dikonsumsi-untuk-kesehatan-otak-L9oHrW8ieY.jpg Buah beri bagus untuk kesehatan otak (Foto: Pinkvilla)

5 makanan yang wajib dikonsumsi untuk kesehatan otak. Hal ini wajib dipenuhi sebab otak merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu kesehatan otak wajib dijaga.

Seperti dilasir dari Medical News, makanan yang meningkatkan kesehatan otak dapat mendukung fungsi otak jangka pendek dan jangka panjang.

Otak adalah organ yang membutuhkan nutrisi tinggi dan menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga perlu mempertahankan konsentrasi yang baik sepanjang hari.

Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu untuk tetap sehat. Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, dan antioksidan mengurangi stres dan peradangan, yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Nah, berikut 5 makanan yang wajib dikonsumsi untuk kesehatan otak. Apa saja?

 ikan

 

1. Ikan kaya lemak

Ikan berminyak adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 dapat membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Karena itu, mereka dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan kadar omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otak. Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dan kognisi yang lebih baik, atau kemampuan berpikir. Hasil ini menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya omega-3, seperti ikan berminyak, dapat meningkatkan fungsi otak.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam yang mengandung kakao, dikenal sebagai kakao. Kakao mengandung flavonoid, sejenis antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan penyakit otak.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam jenis ini dapat meningkatkan plastisitas otak, yang sangat penting untuk pembelajaran, dan juga dapat memberikan manfaat lain yang terkait dengan otak.

 BACA JUGA:5 Ciri-Ciri Kerusakan Otak, Waspada jika Sering Sakit Kepala!

3. Buah beri

Penelitian menemukan bahwa blueberry, strawberry, dan acai berry dapat membantu menghentikan kemampuan kognitif yang menurun akibat usia dengan memelihara mekanisme “bersih-bersih” otak, yang bisa usang seiring bertambahnya usia.

Seperti cokelat hitam, banyak beri yang mengandung antioksidan flavonoid. Penelitian juga menunjukkan bahwa ini dapat membuat buah beri menjadi makanan yang baik untuk otak.

Antioksidan membantu dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Antioksidan dalam beri termasuk antosianin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian baik untuk otak kita, karena makanan ini mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa asupan kacang yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik pada usia yang lebih tua.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan sumber vitamin E antioksidan, yang melindungi sel-sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Seiring bertambahnya usia seseorang, otak mereka mungkin terkena stres bentuk oksidatif ini, dan karena itu vitamin E dapat mendukung kesehatan otak di usia yang lebih tua.

5. Alpukat

Buah berwarna hijau ini kaya akan vitamin E , Buah alpukat yang tinggi antioksidan vitamin C telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk terkena Alzheimer.

Memang benar bahwa alpukat adalah buah yang tinggi lemak, namun kandungan lemak dalam buah legit ini tergolong sebagai lemak tak jenuh tunggal, yang berkontribusi terhadap kesehatan sirkulasi darah. Aliran darah yang sehat artinya otak juga sehat kondisinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini