Share

10 Khasiat Konsumsi Telur Puyuh untuk Tubuh, Awas Jangan Kebanyakan Ya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 298 2595518 10-khasiat-konsumsi-telur-puyuh-untuk-tubuh-awas-jangan-kebanyakan-ya-foUSsSmqJs.jpg Ilustrasi Telur Puyuh. (Foto: Shutterstock)

TELUR buruh puyuh memang memicu kolesterol tinggi. Oleh karena itu, telur burung puyuh juga tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan. Satu butir telur puyuh (sekitar 9 gram) mengandung kalori sebanyak 14 kkal, 1 gram protein, dan 1 gram lemak.

Sebutir telur puyuh juga kaya 4 persen kolin, 6 persen riboflavin, 2 persen folat, dan 3 persen asam pantotenat. Tidak lupa, terdapat 2 persen vitamin A, 6 persen vitamin b12, 2 persen zat besi, 2 persen fosfor, dan 5 persen selenium di dalam 9 gram telur puyuh.

Karena mengandung nutrisi yang baik, berikut ini beberapa khasiat makan telur puyuh bagi kesehatan tubuh Anda:

Membentuk Massa Otot

Bagian putih telur puyuh bisa memberikan manfaat untuk membentuk massa otot. Hal ini berkat kandungan protein yang ada di dalam telur puyuh. Karena itu, telur puyuh bagus bagi Anda yang ingin menambah massa otot. Tapi jangan makan terlalu banyak karena kandungan telur pyuh yang bisa memicu kolesterol.

Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Protein di dalam putih telur puyuh juga sangat baik untuk pembentukan atau regenerasi sel-sel tubuh. Hal ini menyebabkan telur burung puyuh bermanfaat untuk proses penyembuhan. Sebab, kandungan telur puyuh dapat membantu proses regenerasi sel tubuh yang rusak.

Telur Puyuh

Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Telur puyuh menurunkan risiko tekanan darah dan penyakit jantung. Hal itu tak lepas dari kandungan kandungan kalium di dalam telur puyuh. Fungsi kalium adalah mengontrol tekanan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah.

Memperbaiki Sel yang Rusak

Telur puyuh kaya nutrisi dan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan. Mengonsumsinya dapat membantu memulihkan kerusakan sel pada tubuh. Antioksidan juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas berlebih. Dengan demikian Anda terhindar dari stres oksidatif.

Terhindar dari Gejala Alergi Makanan

Sebuah penelitian pada tikus dan dipublikasikan dalam situs jurnal ilmiah Nature menemukan bagian kuning telur puyuh meredakan gejala esofagitis eosinofilik. Esofagitis eosinofilik adalah kondisi peradangan parah yang disebabkan oleh alergi makanan. Namun, studi tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya terhadap manusia.

Menghindarkan Diri dari Bakteri Salmonella

Menurut studi yang diunggah oleh National Library of Medicine telur puyuh sedang dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk infeksi bakteri Salmonella. Pasalnya, telur ini diketahui mengandung antibodi anti-salmonella yang unik. Antibodi tersebut diduga memberi khasiat telur puyuh untuk mencegah infeksi bakteri Salmonella.

Bagus untuk Kesehatan Mata

Di dalam kuning telur puyuh, Anda bisa mendapatkan vitamin A, lutein, dan zinc. Semua nutrisi ini diperlukan untuk kesehatan mata. Lutein menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia. Sementara, vitamin A membantu menjaga kesehatan kornea dan zinc bermanfaat untuk kesehatan retina.

Menjaga Fungsi Tiroid

Selenium dan riboflavin merupakan nutrisi penting. Fungsi keduanya membantu tubuh untuk memecah makanan yang dikonsumsi serta mengubahnya menjadi energi. Selenium juga membantu memastikan fungsi tiroid bekerja dengan baik.

Tinggi Vitamin B

Vitamin B12 dan zat besi meningkatkan fungsi sistem saraf yang sehat. Vitamin B12 juga membantu menjaga tingkat energi yang optimal melalui perannya dalam pembentukan sel darah merah. Nah, karena kandungan tersebut, salah satu manfaat telur burung puyuh adalah baik bagi kesehatan mata.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kolin sangat penting untuk membantu tubuh membuat asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang mengirimkan pesan dari sistem saraf ke otot. Kandungan telur puyuh ini bisa membantu komunikasi antara organ tubuh. Dengan demikian koordinasi gerak tubuh akan terjaga kecekatannya.

Itu dia sederet manfaat makan telur puyuh yang luar biasa. Akan tetapi, Anda tetap tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi telur puyuh agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini