Share

Anak Alami Gejala Hepatitis, Segera Bawa ke Dokter!

Antara, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 481 2595503 anak-alami-gejala-hepatitis-segera-bawa-ke-dokter-CpTlbAYqWd.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto: Thinkstock photos)

HEPATITIS akut yang menyerang anak-anak memang membuat resah orangtua. Namun orangtua sebaiknya tak usah panik, dan beri pertolongan kepada anak.

Dokter Spesialis Anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Ade Rachmat Yudiyanto, Sp.A(K), M. Ked(Ped) mengingatkan, orangtua tak usah panik bila menemukan gejala awal hepatitis pada anak.

 anak kena hepatitis akut

"Kalau ada gejala, jangan panik. Segera bawa pasien ke puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan," ujarnya.

Gejala awal hepatitis antara lain diare, mual, muntah, sakit perut dan dapat disertai demam ringan. Bila gejala ini muncul, selain berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan, maka orangtua juga perlu memastikan anak beristirahat total.

Orangtua juga wajib menjaga asupan cairan anak dan ion tubuh cukup agar tidak jatuh dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan yang pada jangka panjang bisa membahayakan kesehatan. Sementara untuk makanan, tidak ada pembatasan khusus namun berpedoman pada prinsip gizi seimbang.

"Istirahat total. Semua aktivitas dilakukan di tempat tidur," kata Dokter Ade.

Menurut Dokter Ade, orangtua sebaiknya tak menunggu gejala lanjutan muncul seperti kulit dan mata kuning hingga penurunan kesadaran yang dapat pada akhirnya mengharuskan pasien dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU) dan bahkan dilakukan cangkok hati.

 BACA JUGA:Cegah Hepatitis Akut Lewat Disiplin Protokol Kesehatan dan Cuci Tangan

Jika anak mengalami gejala hepatitis, maka orangtua sebaiknya segera membawanya ke dokter. Jadi tak perlu merasa panik, yang penting anak dibawa berobat ke dokter.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini