Share

5 Obat Hepatitis Alami yang Bisa Dicoba di Rumah, Ampuh Ringankan Gejala!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 481 2595628 5-obat-hepatitis-alami-yang-bisa-dicoba-di-rumah-ampuh-ringankan-gejala-gbMg0Y4TB3.jpeg 5 Obat Hepatitis Alami (Foto: Healthline)

5 OBAT hepatitis alami akan diulas dalam artikel ini. Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah mengumumkan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis misterius akut.

Penyakit ini diketahui menyerang anak-anak usia satu hingga 16 bulan. Di Indonesia sendiri kasus tersebut sudah banyak ditemukan, bahkan ada 7 anak meninggal diduga akibat hepatitis misterius.

Munculnya KLB membuat banyak orang bertanya-tanya, adakah obat hepatitis alami?

Hepatitis merupakan kondisi peradangan di organ hati yang disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi virus, kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan infeksi cacing hati. Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular ke orang lain.

5 Obat Hepatitis Alami

(5 Obat Hepatitis Alami, Foto: Healthline)

Melansir Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Selasa (17/5/2022), Prof. Hanifah yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FKUI menyebutkan, gejala umum dari penyakit hepatitis akut ini di antaranya mual, muntah, sakit perut, diare, dan terkadang disertai demam ringan.

Gejala dapat berlanjut dengan air kencing berwarna pekat seperti teh, BAB putih pucat, kulit & mata kuning, bahkan sampai penurunan kesadaran.. Jika tidak ditangani dengan baik, hepatitis dapat menimbulkan komplikasi, seperti gagal hati, sirosis, atau kanker hati (hepatocellular carcinoma).

Setiap jenis hepatitis memiliki gejala yang berbeda, sehingga pengobatan yang diberikan pun turut berbeda, sesuai dengan jenis penyakit dan kondisi pasien tersebut. Umumnya, dokter akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat keparahan kerusakan hati, kondisi kesehatan pasien, hingga jumlah virus yang menginfeksi.

Selain menggunakan obat yang diresepkan dokter, ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu pengobatan penyakit ini. Apa saja? Dihimpun dari Hello Sehat, simak selengkapnya berikut ini.

1. Milk thistle

Milk thistle sudah dikenal sebagai obat alami yang ampuh untuk mengobati hepatitis. Ekstrak tanaman ini telah banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan organ hati, saluran empedu, dan kantung empedu. Sebuah penelitian yang terbit pada jurnal Cellular Microbiology menyebutkan, milk thistle dapat menghambat virus hepatitis yang masuk ke sel hati.

Sayangnya, studi lain yang terbit dalam jurnal JAMA tidak menemukan efek perbaikan yang signifikan pada pasien hepatitis C yang diberikan milk thistle. Oleh karenanya, milk thistle belum bisa digunakan sebagai obat utama untuk mengatasi gejala hepatitis.

2. Teh hijau

5 Obat Hepatitis Alami

(5 Obat Hepatitis Alami, Foto: Healthline)

Mengonsumsi teh hijau bisa menjadi salah satu cara untuk bantu mengobati hepatitis secara alami. Pasalnya, teh hijau memiliki kandungan antioksidan katekin yang dapat membantu melindungi sel hati dari kerusakan dan membantu mencegah kanker hati.Tak hanya itu, menurut penelitian yang terbit pada British Journal of Pharmacology, kandungan polifenol dalam teh hijau juga berpotensi untuk menghambat virus agar tidak masuk ke sel hati.

Disarankan untuk minum seduhan tehnya secara langsung dibandingkan minum suplemen teh hijau. Pasalnya, konsumsi suplemen teh hijau yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati pada sebagian orang. Oleh karenanya, konsumsilah teh hijau dalam jumlah yang sedang dan tidak terlalu banyak agar Anda dapat mendapatkan khasiat dan manfaatnya.

3. Kunyit

Banyak orang menggunakan kunyit untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan atau hanya untuk sekadar menambah stamina, tak terkecuali untuk menjaga kesehatan organ hati. Sebuah penelitian menyebutkan, rempah berwarna kuning ini dapat menghentikan virus hepatitis C untuk menggandakan diri. Tak hanya itu, kunyit juga bisa membantu membersihkan racun dari organ hati.

4. Ginseng

Selain kunyit, ginseng juga dikenal ampuh sebagai obat alami hepatitis. Sebuah penelitian menemukan bahwa khasiat ginseng dapat melindungi organ hati dari kerusakan akibat virus serta cedera. Meski demikian, ginseng tidak boleh dikonsumsi bila Anda sedang menjalani perawatan dengan obat golongan Imatinib atau Raltegravir. Sebab, dikhawatirkan interaksi obat ini akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

5. Zinc

Zinc merupakan mineral yang sangat penting untuk banyak fungsi tubuh. Ketika seseorang mengalami hepatitis, kadar zinc di dalam tubuh akan menurun. Sebagai solusinya, Anda bisa mencoba minum suplemen zinc sebagai obat alami hepatitis. Satu penelitian di Jepang bahkan pernah menemukan bahwa pasien hepatitis C yang minum suplemen zinc selama tujuh tahun memiliki risiko kanker hati yang lebih rendah daripada pasien yang tidak meminumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini