Share

Langkah Kurangi Dampak Learning Loss Akibat Pandemi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 612 2595640 langkah-kurangi-dampak-learning-loss-akibat-pandemi-XX94yt1QyD.jpeg Learning Loss dampak dari belajar online selama pandemi (Foto: Timesofindia)

PANDEMI Covid-19 memberikan dampak ke berbagai sektor, termasuk pendidikan. Sejak munculnya pandemi, sekolah-sekolah di Indonesia memutuskan untuk tidak melakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Sebagai gantinya, sekolah-sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode ini dipakai untuk mengurangi atau menghindari paparan virus penyebab Covid-19.

Namun, ada beberapa kendala yang dihadapi sebagian orang terkait PJJ. Hal itu diungkap Direktur Utama PT Teknologi Migo Indonesia, Dan Connor, dalam Webinar Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Atasi Learning Loss, Selasa (17/5/2022).

Learning Loss

“Kami sangat menyadari pandemi Covid-19 memberikan dampak besar untuk pendidikan di Indonesia,” kata Dan Connor.

“Beberapa kendala yang muncul saat pembelajaran jarak jauh atau hybird seperti keterbatasan kualitas koneksi internet, biaya kuota yang tinggi, dan ketersediaan mencari pendukung pembelajaran dari rumah,” sambung dia.

BACA JUGA : Mengatasi Ancaman Learning Loss pada Generasi Muda Pasca-Pandemi

Kendala-kendala tersebut, tak jarang memberikan dampak bagi para siswa seperti learning loss atau berkurangnya pengetahuan dan keterampilan secara akademis. “Kami menyadari bahwa pandemi Covid-19 telah berpengaruh terhadap kehilangan pembelajaran seperti learning loss,” ujarnya.

BACA JUGA : Learning Loss Ancam Generasi Muda Pasca-Pandemi, Masalah Apa Itu?

Dia mengatakan, pihaknya ingin kembali memulihkan dunia pendidikan di Indonesia dengan mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbud Ristek). Oleh karenanya, pihaknya mengadakan Webinar Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Atasi Learning Loss.

“Diharapkan ini dapat mendorong dan meningkatkan literasi berbahasa peserta didik. Tidak hanya membaca dan menulis, tetapi juga memahami serta menyampaikan kembali,” ungkap Dan Connor.

Sebagai informasi, Migo merupakan sebuah platform digital dengan jaringan offline yang dapat digunakan untuk mendistribusikan konten-konten digital, salah satunya yakni konten pendidikan. Platform ini menggunakan teknologi bernama ‘Migo Download Station’ yang tersedia di jaringan Warung Migo.

“Saat ini jaringan Warung Migo telah tersebar di lebih dari 1.000 lokasi strategis di Pulau Jawa bagian Barat dan akan terus kami perluas supaya di masa depan bisa menjangkau pulau-pulau di luar Jawa,” kata Dan Connor.

Lewat platform ini, memungkinkan siswa, orangtua, maupun guru bisa mengunjungi Warung Migo terdekat dan mengunduh konten pendidikan seperti video pembelajaran untuk ditonton di rumah berulang kali tanpa memerlukan kuota internet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini