Share

Berbeda dengan Jepang, Ini Jenis Kopi yang Paling Banyak Disukai Masyarakat Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 298 2595997 berbeda-dengan-jepang-ini-jenis-kopi-yang-paling-banyak-disukai-masyarakat-indonesia-sP6Dz3l3h4.jpg Ilustrasi Kopi. (Foto: Shutterstock)

KEDAI kopi memang cukup banyak menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Jenis-jenis kopi pun turut beragam, tidak lagi hanya kopi hitam yang disajikan di kedai tersebut.

Dengan teknik-teknik mengolah kopi, kini semakin banyak percampuran kopi yang dihasilkan. Dari sekian banyak varian minuman di kedai kopi, ada rasa yang menjadi favorit dan tak bisa dipisahkan dari selera sebagian besar konsumen Indonesia: minuman bercita rasa manis.

"Minuman manis cenderung disukai dan laku di Indonesia," kata pemimpin PT Sari Coffee Indonesia (SCI), pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, Anthony McEvoy seperti dilansir dari Antara.

Kopi

Ia mencontohkan, salah satu minuman yang digemari oleh konsumen di Indonesia adalah caramel macchiato yang terdiri dari espresso dengan sirup rasa vanila, susu dan saus karamel. Selain itu, konsumen juga suka mencoba varian rasa baru yang disuguhkan dalam waktu terbatas sebagai bentuk inovasi agar pencinta kopi tak mudah merasa bosan.

Kendati demikian, jumlah minuman musiman di Indonesia diakui memang tak sebanyak yang ada di negara lain seperti Jepang yang getol meluncurkan varian baru unik.

Sebagai contoh, Jepang tahun ini meluncurkan Fruit Gyu New Frappuccino, versi frappuccino dari susu rasa buah, hingga Bananana Banana Frappuccino yang memakai pisang sebagai bahan utama, juga frappuccino edisi sakura.

Jumlah minuman musiman yang terbatas dipengaruhi juga oleh animo konsumen Jepang yang lebih antusias mencoba varian baru, berbeda dengan konsumen Indonesia yang cenderung memesan apa yang sudah mereka sukai.

Minuman kekinian yang digandrungi beberapa tahun belakangan di Indonesia memang punya cita rasa manis, salah satunya kopi susu yang menghiasi menu-menu gerai minuman hingga restoran kenamaan.

Saat pandemi terjadi, gerai-gerai yang menjual kopi susu juga turut berinovasi menyediakan kemasan besar yang bisa dinikmati beberapa orang sekaligus agar orang-orang bisa menikmatinya di rumah saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini