Share

Ahli Epidemiologi Nilai Indonesia Belum Cukup Aman Lepas Masker di Luar Ruangan, Ini Alasannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2595828 ahli-epidemiologi-nilai-indonesia-belum-cukup-aman-lepas-masker-di-luar-ruangan-ini-alasannya-GTBEaHYJBL.jpeg Ahli nilai RI belum cukup aman lepas masker (Foto Ilustrasi: Freepik)

AHLI epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menilai Indonesia belum cukup aman lepas masker di luar ruangan. Banyak faktor yang belum sepenuhnya terpenuhi untuk mengeluarkan kebijakan tersebut.

"Indonesia belum dalam kondisi yang cukup aman (untuk lepas masker di ruang terbuka). Jangan terburu-buru, bersabar," kata Dicky Budiman pada MNC Portal, Rabu (18/5/2022).

Vaksin Booster

Faktor yang disorot Dicky adalah soal cakupan vaksinasi booster yang masih sedikit. Vaksin booster dianggap Dicky penting untuk diperhatikan karena saat ini penyebaran virus masih terjadi dan varian BA2.12.1 hanya bisa dicegah dengan vaksin booster.

"Vaksin 2 dosis tidak cukup untuk memberi perlindungan terhadap varian BA2.12.1. Varian itu hanya bisa dicegah dengan vaksin booster," tegas Dicky.

BACA JUGA : Setuju Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, IDI Tetap Beri Catatan Ini!

BACA JUGA : Presiden Jokowi Ungkap Golongan Masyarakat yang Tak Bisa Lepas Masker

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa cakupan vaksin dosis ketiga atau booster Indonesia per 15 Mei 2022 baru 20 persen. Sedangkan, kata Dicky, negara yang layak melonggarkan kebijakan pemakaian masker itu cakupan vaksin boosternya sudah harus di atas 70 persen.

"Itu idealnya, sehingga memberi rasa aman kepada masyarakat," terang Dicky Budiman.

Penggunaan masker sendiri sebetulnya sangat ideal untuk mencegah penyakit yang bisa ditularkan melalui udara, seperti halnya Covid-19. Upaya preventif ini murah tapi efektif, sehingga patut menjadi perilaku yang terus dijaga oleh masyarakat.

"Dengan keluarnya pengumuman boleh lepas masker di luar ruangan, kita harus hati-hati. Jangan sampai euforia atau percaya diri berlebihan yang akhirnya malah bikin kita abai dan merugikan diri kita sendiri," saran Dicky.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengumumkan pelonggaran kebijakan penggunaan masker di luar ruangan, Selasa, 17 Mei 2022.

Namun, bagi lansia, kelompok rentan, dan mereka yang punya komorbid disarankan tetap pakai masker di segala aktivitasnya. Pun saat berada di dalam ruangan atau transportasi publik, penggunaan masker tetap wajib dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini