Share

Kasus Dugaan Hepatitis Akut Bertambah Jadi 27

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2596013 kasus-dugaan-hepatitis-akut-bertambah-jadi-27-8dV3zVaEHF.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto: Istock)

KEMENTERIAN Kesehatan mengumumkan penambahan kasus dugaan hepatitis akut. Jika sebelumnya total kasus 18, kini bertambah jadi 27 kasus.

Dari 27 kasus tersebut, 14 dinyatakan probable dan pending classification. "Hanya 1 pasien yang dinyatakan probable dan pasien tersebut meninggal dunia," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril saat ditemui MNC Portal di Kantor Kemenkes, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

 anak kena hepatitis akut

Ya, 1 pasien probable dinyatakan meninggal dunia pada 19 April 2022. Hasil pemeriksaan medis mengungkapkan bahwa pasien probable tersebut non-reaktif hepatitis A hingga E dan negatif patogen lain, salah satunya Covid-19.

Kemudian, bagaimana dengan 13 pasien pending classification? Seperti apa perkembangan kasusnya?

Syahril menjelaskan bahwa semuanya sedang menunggu hasil laboratorium. Tak hanya itu, ada juga pasien yang sedang menanti keluarnya hasil pemeriksaan hepatitis.

Detailnya sebagai berikut:

1. Sebanyak 2 pasien asal DKI Jakarta sedang menunggu hasil pemeriksaan hepatitis A, B, C, E, dan patogen lain.

2. Sebanyak 1 pasien asal Sumatera Barat sedang menunggu hasil pemeriksaan hepatitis A, C, E, dan patogen lain.

3. Sebanyak 2 pasien asal DKI Jakarta sedang menunggu hasil pemeriksaan hepatitis A, E, dan patogen lain.

4. Sebanyak 1 pasien asal Jawa Timur sedang menunggu hasil pemeriksaan hepatitis C, E, dan patogen lain.

5. Sebanyak 7 pasien, 3 pasien dari DKI Jakarta, Jawa Timur (2), Sumatera Utara (1), dan Jambi (1), sedang menunggu hasil pemeriksaan hepatitis E dan patogen lain.

Dalam kesempatan ini, Syahril terus mengingatkan kepada masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tak hanya itu, disarankan kepada orangtua agar segera membawa anaknya jika sudah menunjukkan gejala yang mengarah ke hepatitis akut.

 BACA JUGA:Bocah 8 Tahun yang Meninggal di Tamansari Jakbar Idap Hepatitis Akut

"Jangan menunggu gejala yang dialami si anak semakin serius baru dibawa ke fasilitas kesehatan. Kalau sudah ada gejala yang mengarah ke hepatitis akut, segera bawa ke rumah sakit," saran Syahril.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini