Share

Dimana Terjadinya Infeksi Pada Penderita Penyakit Bronkitis?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2596021 dimana-terjadinya-infeksi-pada-penderita-penyakit-bronkitis-kr0Mc0OvTe.jpg Ilustrasi Penyakit Bronkitis. (Foto: Shutterstock)

BIASANYA dimana terjadinya infeksi pada penderita penyakit bronkitis adalah karena gangguan dengan paru-paru. Ketika Anda mengalami masalah sesak napas atau nyeri di bagian dada, mungkin banyak asumsi penyakit yang akan muncul bisa salah satunya adalah bronkitis.

Bronkitis adalah peradangan pada saluran bronkial yang merupakan saluran udara yang membawa udara ke paru-paru. Bronkitis bisa terjadi akibat virus, bakteri, atau juga lingkungan dan biasanya ditandai dengan pilek dan flu.

Tanda lain dimana terjadinya infeksi pada penderita penyakit bronkitis adalah batuk terus menerus hingga berdahak, demam rendah, bengek, sesak napas, dan sesak dada. Menjadi serius ketika setiap gejala yang muncul semakin parah dan ada baiknya Anda segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Berikut penyebab dimana terjadinya infeksi pada penderita penyakit bronkitis:

Penyebab Bronkitis

Bronkitis Akut

Bronkitis akut biasanya menyebabkan batuk yang produktif dan basah. Umumnya, dahak akan berwarna. Tapi warna bukan cara yang pasti untuk menentukan apakah Anda sedang terinfeksi virus atau bakteri.

Bronkitis akut biasanya akan berlangsung antara 10 hingga 14 hari. Akan tetapi, pengidap bronkitis akut dapat mengalami batuk sampai sekitar 3 minggu. Jenis bronkitis ini juga bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih berisiko menyerang anak-anak dengan usia kurang dari 5 tahun.

Bronkitis akut biasanya terjadi karena infeksi yang menyerang bronkus. Adapun penyebab infeksi tersebut adalah virus yang sama yang menjadi penyebab infeksi saluran napas bagian atas (ISPA), salah satunya adalah Rhinovirus. Nah, bronkitis akut akan muncul apabila ISPA tidak membaik dan justru menyebar ke bagian bronkus.

Bronkitis Kronis

Sementara itu, bronkitis kronis umumnya terjadi sekitar 3 bulan atau beberapa kali dalam jangka waktu 2 tahun. Bronkitis kronis sendiri termasuk dalam penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK. Jenis bronkitis ini lebih berisiko terjadi pada orang-orang dengan usia sekitar 40 tahun atau lebih.

Adapun penyebab munculnya bronkitis kronis, yaitu peradangan yang terjadi dalam waktu lama pada bronkus karena paparan asap rokok maupun senyawa kimia. Hal ini bisa memicu munculnya reaksi peradangan yang diketahui dari adanya lendir pada bagian dinding bronkus.

Orang-orang dengan kebiasaan buruk merokok akan menunjukkan reaksi peradangan yang berkelanjutan. Kondisi ini mengakibatkan bronkus mengalami penyempitan sehingga akhirnya mengeras.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini