Share

Kisah Sedih, Curhat Ibu yang Anaknya Sakit Hepatitis Misterius

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2596026 kisah-sedih-curhat-ibu-yang-anaknya-sakit-hepatitis-misterius-7yjpmgRZ65.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto: Lots a helping hand)

KISAH seorang ibu menceritakan bagaimana kondisi anaknya setelah terinfeksi hepatitis misterius viral. Ia bahkan mengatakan kalau anaknya sekarang tidak lagi mirip dengan buah hati yang dilahirkannya.

Adalah Kelsea Schwab, ibu dari Baelyn Schwab bocah berusia 2 tahun yang mesti menjalani operasi transplantasi hati diduga sakit hepatitis misterius.

 anak kena hepatitis akut

Kelsea menjelaskan kalau anaknya dulu sangat sehat dan ceria. Tapi, setelah hepatitis misterius menginfeksi tubuh Baelyn, semua berubah drastis.

Sebelum menjalani transplantasi hati, Baelyn dilaporkan mengalami perubahan kulit menjadi kuning dan sering mengigau. "Matanya tidak terlihat seperti menempel di kepalanya lagi," cerita Kelsea, dikutip MNC Portal dari CNN.

Baelyn diceritakan Kelsea sebelum operasi hanya guling-guling di kasur. Ia kehilangan nafsu makan, hanya minta pisang dan jus buah untuk makan. "Dia ada di sana, tapi seperti tidak ada," kata Kelsea sedih.

Hati Baelyn didiagnosis rusak, sehingga tidak bisa lagi membersihkan amonia dari darahnya. Alhasil, tubuhnya menguning dan nafsu makannya hilang.

Baelyn adalah satu dari ratusan anak yang kini tengah diselidiki terkait hepatitis misterius oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Apa yang dialami Baelyn masuk dalam level kondisi serius.

"Ada 109 anak dengan kasus hepatitis misterius dalam kondisi serius, salah satunya Baelyn," lapor CNN.

Di Amerika Serikat sendiri, 5 anak sudah dinyatakan meninggal dunia diduga akibat hepatitis misterius. Ada 15 anak yang membutuhkan transplantasi hati karena kondisinya yang kian memburuk.

Lantas, apa saja pemeriksaan yang kini dilakukan tim medis pada Baelyn untuk menyelidiki kasus hepatitis misterius ini?

Dilaporkan di sana bahwa sebelum Baelyn dipastikan harus menjalani transplantasi hati, bocah itu harus menjalani empat hingga lima kali pemeriksaan dokter di unit perawatan intensif anak di RS Anak M Health Fairview Masonic di Minneapolis, AS.

"Setelah pemeriksaan tersebut dilakukan, hati Baelyn dipastikan tidak bisa tertolong. Operasi transplantasi hati harus diberikan untuknya agar menyelamatkan dirinya," terang laporan tersebut.

 BACA JUGA:Kasus Dugaan Hepatitis Akut Bertambah Jadi 27

Kelsea menyaksikan semuanya. Buah hatinya menderita akibat penyakit ini. Tubuhnya terus melemah, badannya bergetar hingga susah duduk. Baelyn tidak bisa mengangkat kepalanya. "Ini bukan anak saya. Bagaimana aku bisa mengembalikan anakku seperti semula?" keluh Kelsea.

Apa yang terjadi sebelum hepatitis misterius merusak tubuh Baelyn?

Kelsea menjelaskan kalau tubuh Baelyn merah-merah dan gatal. Kondisi itu sebetulnya bukan hal aneh untuk Baelyn, tapi kondisinya tidak kunjung membaik, justru memburuk.

"Baelyn punya banyak daftar alergi, makanya hidungnya selalu berair tak lama setelah dia lahir," cerita Kelsea.

Tahu ada yang tak beres, Kelsea membawa Baelyn ke dokter alerginya. Dokter menyuntikkan epinefrin dan mengirimnya ke ruang gawat darurat untuk pemantauan lebih intensif.

Keesokan harinya, di mata Baelyn terlihat warna kuning di bola mata berwarna putih. Kelsea mengira kalau itu ada kaitannya dengan obat epinefrin yang diberikan sebelumnya.

Mata Baelyn kuning dalam beberapa hari. Tapi, tubuhnya masih terlihat sehat, dinilai dari Baelyn masih bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi, karena tahu ada yang aneh, Kelsea ke rumah sakit.

"Dokter meminta izin kepada saya untuk mengambil darah Baelyn untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hasil keluar dan dokter meminta saya pergi ke rumah sakit lebih besar karena Baelyn harus mendapat penanganan lebih serius," cerita Kelsea.

Sampai akhirnya pihak rumah sakit mengeluarkan diagnosis kalau Baelyn diduga sakit hepatitis misterius setelah melewati serangkaian tes. Sampai akhirnya keputusan Baelyn perlu mendapat operasi transplantasi hati keluar.

Setelah itu semua, Kelsea mengingatkan kepada para orangtua agar segera datangi dokter jika anak terlihat berbeda dari biasanya, khususnya jika anak mengalami gejala kelelahan, demam, mual, muntah, kehilangan napsu makan, dan ada warna kuning di kulit atau matanya.

Selain itu, orangtua harus segera bawa anaknya ke rumah sakit jika si kecil urinnya berwarna gelap atau tinjanya berwarna abu-abu keruh.

"Saya merasa, ketika ada orangtua di luar sana yang menceritakan hal ini, saya akan segera membawa Baelyn ke rumah sakit, tanpa harus menundanya," sesal Kelsea.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini