Share

Kemenkes Ungkap Ternyata Hanya 6 Pasien yang Meninggal Akibat Hepatitis Akut

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2596035 kemenkes-ungkap-ternyata-hanya-6-pasien-yang-meninggal-akibat-hepatitis-akut-JZkTW677BY.jpg Anak terkena hepatitis akut (Foto: Froddo)

KEMENTERIAN Kesehatan merevisi jumlah kematian hepatitis akut. Jika sebelumnya Kemenkes ungkap ada 7 pasien yang meninggal, kini angkanya menjadi 6 pasien.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menjelaskan, data soal hepatitis akut bisa berubah setiap hari. Pengurangan jumlah total kematian pada kasus hepatitis akut karena hasil pemeriksaan laboratorium.

 anak kena hepatitis akut

"Sebelumnya dinyatakan 7 pasien dinyatakan meninggal dunia, nah, setelah diikuti ada satu pasien yang dikeluarkan atau discarded. Satu pasien itu ternyata positif bakteri sepsis," kata Syahril saat konferensi pers di Kantor Kemenkes Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Satu kasus yang discarded diketahui adalah pasien yang berasal dari Jawa Timur. Sementara itu, satu pasien probable yang meninggal dunia berasal dari DKI Jakarta.

Secara lebih detail, 6 pasien yang meninggal dunia itu berusia 2 bulan, 8 bulan, 9 bulan, 1 tahun, 8 tahun, dan 14 bulan. "Hampir semuanya datang ke rs sudah dalam kondisi buruk, sehingga pertolongan yang diberikan di rs tidak bisa maksimal," ungkap Syahril.

Di sisi lain, Syahril menjelaskan juga ada 4 pasien yang sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit. Mereka berasal dari Jawa Timur (1 pasien), DKI Jakarta (2), Jambi (1).

"Pasien masih dirawat di rumah sakit karena gejala klinisnya masih belum membaik dan masih menunggu hasil laboratorium juga terkait serangkaian pemeriksaan yang memang harus dijalani," papar Syahril.

 BACA JUGA:Kisah Sedih, Curhat Ibu yang Anaknya Sakit Hepatitis Misterius

Perlu Anda tahu, ada 4 pasien dinyatakan sembuh. Keempatnya dipastikan tidak akan menularkan penyakit ke orang lain, tapi pasien sembuh tersebut bisa terinfeksi kembali jika dirinya terpapar penyebab hepatitis akut yang belum diketahui asalnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini