Share

4 Pasien Hepatitis Akut Dipulangkan, Dokter Jamin Tak Akan Menularkan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2596059 4-pasien-hepatitis-akut-dipulangkan-dokter-jamin-tak-akan-menularkan-SpoNxj2fhx.jpeg Dokter jamin pasien hepatitis yang dipulangkan tak akan menularkan (Foto: Timesofindia)

KEMENTERIAN Kesehatan mengumumkan ada 4 pasien hepatitis akut yang dipulangkan atau sembuh. Keempatnya dipastikan tidak menularkan ke orang lain.

"Per 17 Mei 2022, ada 4 pasien hepatitis akut yang dinyatakan sembuh. Mereka semua tidak lagi mengalami gejala klinis dan secara laboratorium normal, makanya boleh pulang dari rumah sakit," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril di Kantor Kemenkes, Rabu (18/5/2022).

Hepatitis Akut

Dalam kesempatan itu juga Syahril mengatakan bahwa keempat pasien hepatitis akut tidak lagi menyebarkan penyakit ke orang di sekitarnya. Artinya, pasien tidak lagi menularkan.

"Pasien yang sembuh ini tidak akan menulari lagi," singkatnya.

Tapi, Syahril mengimbau kepada masyarakat bahwa pasien yang dinyatakan sembuh tersebut bisa terinfeksi kembali jika dia terpapar sumber penyebab yang masih misterius. Ya, pasien hepatitis akut yang pernah sembuh bisa 're-infeksi'.

"Pasien bisa re-infeksi jika di lingkungannya ternyata ada sumber penyebab. Jadi, sama seperti Covid-19, pasien yang sudah sembuh bisa terinfeksi lagi," paparnya.

BACA JUGA : Kemenkes Ungkap Ternyata Hanya 6 Pasien yang Meninggal Akibat Hepatitis Akut

BACA JUGA : Kasus Dugaan Hepatitis Akut Bertambah Jadi 27

Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bersama, terlebih sampai saat ini penyebab hepatitis akut belum diketahui. Artinya, potensi seseorang untuk terinfeksi penyakit ini masih besar karena sumber masalah belum diketahui.

"Sampai saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun belum memastikan apa penyebab dari hepatitis akut. Kami semua sedang melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab utama masalah ini," tambah Syahril.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini