Share

8 Makanan yang harus Dihindari Pengidap Hepatitis agar Cepat Pulih

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2596080 8-makanan-yang-harus-dihindari-pengidap-hepatitis-agar-cepat-pulih-HWzwvux4aW.jpg 8 Makanan yang harus dihindari pengidap hepatitis (Foto: Thehealthsite)

8 MAKANAN yang harus dihindari pengidap hepatitis dalam artikel ini penting untuk diketahui. Karena, selain obat-obatan, penting bagi penderita hepatitis untuk mengikuti diet yang tepat untuk pemulihan

Dr Manish Jambavalikar, Konsultan Senior, Gastroenterologi Medis, Rumah Sakit Apollo, mengatakan bahwa nutrisi yang tinggi dan diet seimbang sangat penting untuk pemulihan dari infeksi hepatitis. Diet Anda harus kaya akan protein dan kalori, karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk menumbuhkan jaringan yang rusak akibat penyakit ini.

Berikut 8 makanan yang harus dihindari pengidap hepatitis dirangkum dari Thehealthsite, Rabu (18/5/2022).

1. Daging merah

8 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hepatitis

(8 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hepatitis, Foto: Thehealthsite)

Makanan kaya lemak jenuh dan trans, seperti daging merah, produk panggang, produk susu murni full fat semisal keju, mentega dan krim, makanan gorengan dan makanan cepat saji, alkohol harus benar-benar dihindari. Karena, jenis makanan tersebut dapat membebani organ liver, sehingga mengganggu proses pemulihan Anda dari penyakit hepatitis.

BACA JUGA : Anak Alami Gejala Hepatitis, Segera Bawa ke Dokter!

2. Obat OTC

Dr Jambavalikar mengatakan, seseorang harus benar-benar menghindari minum obat sembarangan tanpa resep dokter. Anda juga harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin.

BACA JUGA : Perlu Diingat! Hepatitis Akut Menular Lewat Makanan

3. Makanan olahan

Makanan olahan paling baik dihindari saat pemulihan dari hepatitis. Karena, penyakit menjadi lebih sulit diobati dan makanan olahan juga tidak mengandung nutrisi. Olahan roti, keju, dan hampir semua makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari selama menderita hepatitis, karena dapat menghambat proses pemulihan.

4. Telur

Telur mengandung jumlah tinggi protein dan lemak yang sulit untuk dicerna. Karena organ hati memainkan peran penting dalam metabolisme, makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur harus dihindari.

5. Kacang

Kacang-kacangan juga mengandung jumlah tinggi protein dan lemak. Oleh karena itu, Anda harus menghindari makanan yang mengandung jumlah tinggi protein selama masa penyembuhan penyakit kuning.

6. Garam

 8 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hepatitis

(8 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hepatitis, Foto: Thehealthsite)

Bahan makanan yang pantang dikonsumsi oleh penderita penyakit kuning yaitu garam. Bahan tersebut sepanjang waktu dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel hati Anda. Dengan begitu, bila Anda sering menambahkan garam ke dalam masakan Anda itu akan memperlambat proses penyembuhan dari penyakit kuning.

7. Lemak jenuh

Daging mengandung lemak jenuh tinggi, sehingga akan sulit dicerna dalam waktu sehari. Bagi penderita penyakit kuning, daging merah harus dihindari karena dikhawatirkan dapat menyumbat sistem pencernaan dan organ hati.

8. Mentega

Terlalu banyak mentega dan margarin juga berdampak tidak baik untuk kesehatan si penderita penyakit kuning. Karena keduanya mengandung sumber lemak jenuh yang seharusnya dihindari selama masa pemulihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini