Share

Menkes: Bergejala Batuk dan Bersin Tetap Gunakan Masker

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 481 2596367 menkes-bergejala-batuk-dan-bersin-tetap-gunakan-masker-YskeaTHmOj.jpg Sedang batuk dan bersin tetap pakai masker (Foto: Timesofindia)

PEMERINTAH baru saja mengumumkan bahwa masyarakat kini bisa tidak menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Namun, ada kelompok masyarakat atau orang dengan kondisi tertentu yang tetap disarankan untuk menggunakan masker meski berada di luar ruangan.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin. Dia mengatakan ada beberapa kelompok masyarakat yang tetap perlu menggunakan masker.

Menkes

“Pemerintah sudah tidak mewajibkan penggunaan masker di ruang terbuka ya kecuali kalau misalnya dilakukan di ruang tertutup tetap kewajiban pakai masker tetap ada,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, kemarin,

BACA JUGA : Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Luar Ruangan, Ahli: Tidak Berarti Outdoor Aman!

Kemudian, di ruang transportasi publik yang tertutup juga masih diwajibkan menggunakan masker. “Dan buat teman-teman yang populasi rentan seperti komorbid, lansia, tetap kita minta kalau bisa memakai masker, karena itu melindungi diri kita dari penularan,” ujarnya.

“Kemudian, untuk yang bergejala batuk-batuk, bersin-bersin, sebaiknya memang tetap menggunakan masker,” kata Menkes Budi.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Perbolehkan Lepas Masker, Menkes: Langkah Transisi Menjadi Endemi

Dia mengatakan, pelonggaran kebijakan ini juga seiring dengan kondisi pandemi Covid-19. Dia berharap, ke depan situasi pandemi semaki membaik sehingga akan ada lagi relaksasi-relaksasi lainnya hingga hidup normal seperti sediakala.

“Kondisi penularan kasus Covid-19 juga makin lama semakin terkendali, yang masuk rumah sakitnya juga makin lama makin sedikit, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri juga semakin tinggi. Sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah relaksasi lainnya yang secara bertahap akan membuat hidup kita kembali normal,” ujarnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini