Share

Cacar Monyet Langka Terdeteksi di Amerika dan Eropa!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 481 2596624 cacar-monyet-langka-terdeteksi-di-amerika-dan-eropa-TEotqtdPBX.jpg Cacar monyet langka (Foto: BBC)

OTORITAS kesehatan di Amerika Utara dan Eropa mendeteksi banyak kasus cacar monyet langka sejak awal Mei 2022. Hal ini memicu kekhawatiran penyebaran penyakit meluas di masyarakat.

Kanada diketahui menjadi negara yang baru-baru ini melaporkan kasusnya dan kini tengah menjalani penyelidikan lebih lanjut terhadap pasien cacar monyet langka tersebut.

 cacar monyet

Sebelumnya, Portugal dan Spanyol melaporkan lebih dari 40 kasus cacar monyet langka ini.

Di sisi lain, Inggris melaporkan 9 kasus cacar monyet langka ini per 6 Mei. Lalu Amerika Serikat memverifikasi kasus pertama pada Rabu (18/5/2022), terjadi pada seorang pria yang tinggal di wilayah bagian timur Massachusetts usai dia mengunjungi Kanada.

"Penyakit cacar monyet sejatinya akan sembuh dalam beberapa minggu pengobatan dan tergolong dalam penyakit yang tidak fatal itu sudah sejak lama menginfeksi banyak orang Afrika Tengah dan Barat. Tapi menjadi spesial ketika kasus ini ditemukan juga di Eropa dan Afrika Utara," terang laporan Khaleej Times, dikutip MNC Portal, Kamis (19/5/2022).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) diketahui sudah melakukan koordinasi dengan pejabat kesehatan Inggris dan Eropa pada Selasa, 17 Mei 2022, untuk mengawal wabah baru ini.

"Kami perlu lebih memahami kasus cacar monyet di negara-negara endemik untuk benar-benar memahami berapa banyak kasus telah beredar dan risiko yang ditimbulkan di sana seperti apa, termasuk risiko penyebaran yang lebih luas ke banyak negara lainnya," papar Ahli Epidemiologi Penyakit Menular dr Maria Van Kerkhove.

Kasus pertama di Inggris diidentifikasi adalah orang yang baru mengunjungi Nigeria. "Kasus berikutnya diduga kuat transmisi lokal," kata Kepala Penasihat Medis Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) dr Susan Hopkins.

Ia melanjutkan, siapa saja bisa menularkan cacar monyet ke orang lain melalui kontak dengan cairan tubuh, luka cacar monyet, atau barang-barang yang dipakai bersamaan seperti pakaian atau tempat tidur yan telah terkontaminasi dengan cairan atau luka pasien cacar monyet.

"Desinfeksi rumah bisa menjadi solusi untuk membunuh sumber penyakit cacar monyet," tegas Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

 BACA JUGA:Inggris Sebut 4 Pria Terinfeksi Cacar Monyet Langka di London

Soal gejala, penyakit ini biasa diawali dengan demam tinggi, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening sebelum menyebabkan ruam seperti cacar air di wajah dan tubuh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini