Share

10 Gejala Cacar Monyet yang Sekarang Menyebar di Amerika dan Eropa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 481 2596627 10-gejala-cacar-monyet-yang-sekarang-menyebar-di-amerika-dan-eropa-96J8mpSSkz.jpg Gejala cacar monyet yang perlu diketahui (Foto: BBC)

PENYAKIT cacar monyet kini tengah menyebar di Amerika Serikat dan Eropa, khususnya Inggris. Penyakit ini memiliki ciri-ciri mirip dengan cacar pada manusia dan tidak berbahaya.

Sebagai langkah antisipatif, masyarakat diimbau untuk mengetahui gejala cacar monyet, sehingga ketika gejala awal muncul bisa segera mencari pertolongan sehingga penyakit tidak bertambah serius.

 cacar monyet

Lantas, apa saja gejala cacar monyet?

Menurut laman The Sun, cacar monyet biasanya berlangsung selama 13-21 hari. Pada masa inkubasi tersebut, gejala muncul di hari yang berbeda antara satu pasien dengan pasien lain. Itu tergantung dari kekuatan imunitas tubuh pasien.

Infeksi ini ternyata memiliki dua fase. Pada fase pertama, gejala yang muncul antara lain:

1. Demam 38 derajat celcius atau lebih

2. Sakit kepala

3. Nyeri otot

4. Sakit punggung

5. Kelenjar bengkak

6. Panas dingin

7. Kelelahan

Nah, pada fase kedua, gejala sudah semakin serius yang mana penampakan kulit akan terlihat berubah. Kondisi ini terjadi paling umum 3 hari setelah demam. Gejala di fase kedua adalah:

1. Ruam di kulit

2. Luka di kulit

3. Bintik-bintik

"Ruam cacar monyet muncul di kulit biasanya 5 hari setelah gejala pertama muncul," kata NHS, dikutip MNC Portal, Kamis (19/5/2022).

 BACA JUGA:Cacar Monyet Langka Terdeteksi di Amerika dan Eropa!

Laporan itu menambahkan, bintik-bintik cacar monyet biasanya dimulai di wajah, baru kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. "Ruam di wajah lebih dominan, sekitar 95 persen kasus, sedangkan di tangan 75 persen," tambah Badan Kesehatan Dunia (WHO).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini