Share

Penyakit Hipertensi Meningkat, Dokter: Memicu Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 481 2596648 penyakit-hipertensi-meningkat-dokter-memicu-risiko-penyakit-kardiovaskular-3DYFgW0E0k.jpg Penyakit hipertensi meningkat (Foto: Acedemy of nutrition and dietetics)

PENYAKIT hipertensi atau lebih familiar dengan darah tinggi yang menjadi isu global. Angka prevalensi hipertensi di Indonesia, pada survei 2018 meningkat 34 persen.

Angka tersebut tidak berubah sejak tahun 2007. Di mana hipertensi dapat menyebabkan beragam penyakit di dalam tubuh, seperti kardiovaskular hingga stroke.

 stroke

"Bukti penelitian yang ada secara konsisten memperlihatkan bahwa penurunan tekanan darah bagi pasien hipertensi menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, stroke dan gagal ginjal yang selain berhubungan dengan tingkat kematian tinggi. Juga menghabiskan biaya terbesar dari penyakit katastropik di Indonesia," ujar dr. Erwinanto, Sp.JP (K), FIHA, FAsCC, Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi atau Indonesian Society of Hypertension (InaSH).

Alasan menjadi isu global, mengingat prevalensi hipertensi di dunia, termasuk di Indonesia sampai saat ini tetap tinggi atau belum mengalami perubahan selama 3 dekade terakhir. Dengan itu, dr Erwin mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai penyakit hipertensi, baik pasien (mengidap) maupun tidak memiliki hipertensi.

Dalam penjelasannya, ia menerangkan bahwa sebanyak 50 persen lebih di Indonesia mengonsumsi obat penurun hipertensi yaitu usia anak muda. Mereka yang hidup di daerah perkotaan.

“Survey May Measurement Month yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia pada tahun 2017 yang mengikut sertakan partisipan di daerah perkotaan berusia muda (umur rerata 43 tahun) menunjukkan hanya 52,5% penyandang hipertensi yang minum obat penurun tekanan darah,” jelasnya.

 BACA JUGA: Waspadalah, Risiko Hipertensi Meningkat Seiring Bertambah Usia

Sekadar informasi, informasi di atas disampaikan dalam webinar memperingati hari hipertensi sedunia. World Hypertension Day (WHD) 2022 kembali diperingati di dunia pada Selasa (17/5). Kembali mengusung tema “Measure your blood pressure, control it, live longer” yang menekankan pentingnya mengukur dan mengendalikan tekanan darah untuk mencapai hidup yang berkualitas.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini