Share

Kenali Penyebab Penyakit Bronkitis, Bukan Cuma Asap Rokok Loh

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 481 2596752 kenali-penyebab-penyakit-bronkitis-bukan-cuma-asap-rokok-loh-ZrNgMgO9A6.jpg Ilustrasi Penyebab Bronkitis. (Foto: Shutterstock)

BERBAGAI penyebab penyakit bronkitis bisa terjadi tanpa disadari seseorang. Pasalnya, bronkitis akan terjadi pada saluran pernapasan utama paru-paru, sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang.

Bronkitis disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Bakteri atau virus yang mengiritasi bronkus mengakibatkan terjadinya pembengkakan. Selain itu, bronkitis dapat disebabkan oleh rokok, asap, gas, debu dan zat-zat yang merangsang lainnya. Bisa juga terjadi karena adanya komplikasi dari penyakit lain seperti batuk rejan, campak atau tifus.

Penyebab penyakit bronkitis juga bisa dari asap yang berbentuk dapat mengandung polutan yang dapat merusak kesehatan seperti jelaga atau debu yang bisa mencapai paru-paru. Dari salah satu penelitian yang dilakukan WHO diketahui bahwa setiap tahun polusi udara di dalam ruangan mengakibatkan angka kematian 1,6 juta orang yang berarti 1 kamatian pada setiap 20 detik.

Penyebab Bronkitis

Menurut dr Pradjana Paramita dari Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, tak hanya debu yang bisa menjadi penyebab industrial bronchitis. Menurutnya, bahan kimia di udara disinyalir juga bisa menyebabkan industrial bronchitis. “Penyakit industrial bronchitis biasa disebut juga dengan penyakit paru-paru kerja,” katanya.

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh lingkungan kerja seseorang. Udara kotor menjadi penyebab utama bronkitis jenis ini. Debu dan asap yang masuk ke dalam paru-paru mengumpal dan membentuk endapan di dalam paru, sehingga menyebabkan orang sulit bernapas terutama ketika bekerja. Rokok juga bisa menjadi salah satu pencetus penyakit ini.

Bronkitis dapat terjadi secara akut dan kronis. Bronkitis akut biasanya merupakan penyakit ringan dan jangka waktunya pendek. Dapat sembuh dengan sendirinya secara sempurna. Namun, apabila terjadi secara berulang-ulang, bronkitis akut beralih menjadi kronis.

Bronkitis menahun atau kronis ditandai dengan tersumbatnya saluran pernafasan secara kronik. Terjadi secara lamban dan lama-kelamaan menjadi parah. Bila tidak segera ditangani, akan menyebabkan penyakit paru-paru serius. Misalnya, ada pembentukan jaringan-jaringan ikat atau komplikasi serius lainnya.

Jika terkena bronkitis, saluran napas bisa menjadi mampet sehingga biasanya seseorang akan sesak napas. Selain itu, jika seseorang didiagnosis bronkitis kronik, maka sudah tidak bisa sembuh lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini