Share

Siaran Radio di Perpustakaan? Emang Ga Berisik? Radio RDI 97.1 FM Jakarta Ramaikan HUT Perpustakaan Nasional

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 612 2596844 siaran-radio-di-perpustakaan-emang-ga-berisik-radio-rdi-97-1-fm-jakarta-ramaikan-hut-perpustakaan-nasional-dn8xsKzvbf.jpg Siaran Radio di Perpustakaan (Foto: Ist)

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ke-42, hari Selasa, 17 Mei 2022 program pagi Nyarap, Kuy! (Nyiarin Acara Pagi, Kuy!) Radio RDI 97.1 FM Jakarta yang dipandu oleh Didin Bagito dan Dai Lopez bersiaran langsung dari Perpustakaan Nasional atau Perpusnas di kawasan Jalan Medan Merdeka No. 11 Jakarta Pusat pagi ini mulai 08.00 – 10.00 WIB.

Penyiar RDI, Didin Bagito mengatakan bahwa program Morning Show Nyarap, Kuy! hari ini memang sengaja siaran langsung dari Lobby Perpusnas karena radio RDI bekerjasama dengan Perpusnas untuk menjadi bagian dari rangkaian acara ulang tahun Perpustakaan Nasional.

 Siaran di perpustakaan

Sedangkan tema hari ulang tahun (HUT) Perpusnas atau perpustakaan nasional yang ke-42 pada 2022 adalah "Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional". HUT Perpusnas ini diadakan bertepatan dengan Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang jatuh juga pada tanggal 17 Mei 2022.

Rangkaian acara ulang tahun Perpustakaan Nasional digelar selama 10 hari yaitu 17 Mei – 30 Mei 2022 dengan kurang lebih ada 30 rangkaian acara mulai dari pameran sejarah Perpustakaan Nasional baik offline maupun online, bedah buku, diklat online atau virtual, peningkatan literasi dan lain sebagainya. Hal itu disampaikan oleh Ibu Sri Sumekar Pustakawan Utama Perpusnas dalam wawancaranya bersama dengan Didin Bagito & Dai Lopez.

Ibu Sri Sumekar menambahkan bawah Perpustakaan Nasional sekarang juga bisa digunakan sebagai tujuan wisata edukasi. Dari total 24 lantai dalam satu gedung yang ada, masing-masing lantai memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya adalah lantai 7 Perpusnas yang digunakan sebagai ruang ramah anak. Terdapat berbagai macam mural, hiasan dinding, mainan anak, panging mini, buku anak-anak dan sebagainya.

Sementara itu, dalam wawancara berikutnya Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando mengatakan bahwa Perpusnas terus berupaya untuk menarik minat baca masyarakat Indonesia karena menurutnya minat membaca itu berbanding lurus dengan kesejahteraan. Dan sesuai dengan pesan UUD 1945 yaitu mencerdaskan bangsa dengan cara melalui telaah bacaan, membaca, dan mengunjungi perpustakaan.

Selamat HUT Perpusnas, Selamat Hari Buku Nasional, dan Mari Membaca!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini