Share

Di Balik Cerita Film KKN di Desa Penari, Ada Kearifan Lokal yang Harus Dijaga

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 612 2596917 di-balik-cerita-film-kkn-di-desa-penari-ada-kearifan-lokal-yang-harus-dijaga-K2RZ5UXu1h.jpg Podcas Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube/Partai Perindo)

FILM KKN di Desa Penari masih tayang di bioskop. Film ini menceritakan tentang kisah sekelompok mahasiswa yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di salah satu desa di Jawa Timur.

Film yang diangkat dari thread di Twitter yang diunggah akun @simpleM1378523 beberapa waktu lalu itu, ramai diperbincangkan oleh warganet. Banyak kisah menarik yang diceritakan dalam film ini.

Juru Bicara Partai Perindo, Ike Suharjo mengatakan terlepas dari cerita ini fiksi maupun non fiksi, dia sangat menikmati setiap adegan yang dimainkan oleh para pemain.

Podcast Aksi Nyata Perindo

Menurutnya, salah satu pembelajaran yang bisa diambil dari film ini adalah bagaimana caranya mencintai kearifan lokal. Ike mengatakan, ia sangat miris dengan anak muda sekarang yang melek teknologi namun menyepelekan kearifan lokal. Misalnya saat mengunjungi suatu tempat, mereka melanggar aturan adat setempat.

"Saya orang yang sangat percaya dengan budaya setempat. Saya juga menghargaI, sebab bila dipikir lagi, itu cara mereka melindungi alam," ujar mantan jurnalis televisi itu dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia dengan tema Tema: Dibalik Cerita KKN di Desa Penari, Ada Kearifan Lokal yang Harus Dijaga, Kamis (19/5/2022).

BACA JUGA : Potret Tissa Biani Pakai Kaos Ketat Bikin Salfok, Netizen: Mirip Mulan Jameela

Ike menceritakan ada salah satu kejadian yang dialami oleh keluarga. Kala itu ia dan keluarga sedang berkunjung ke suatu daerah untuk berziarah. Ada beberapa saudaranya yang tidak percaya dan menertawakan adat setempat. Ada pula yang sempat buang air kecil sembarangan. Ketika jalan pulang lewat jalan tol, satu mobil kecelakaan.

"Nah yang kaya gitu. Makannya kalau misalnya nggak percaya, jangan ditantang, simpen aja dalam hati, nggak usah diucapkan," tambah Ike.

BACA JUGA : 5 Potret Tissa Biani Pemeran Nur Film KKN di Desa Penari, Cantik dan Stylish!

Sebagai negara dengan 34 provinsi, setiap daerah di Indonesia memiliki kearifan lokal yang beragam. Ike berharap lewat film ini bisa memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk mengetahui kearifan lokal.

"Dengan kearifan lokal ini kita jadi tahu sopan santun, menghargai, dan menghormati adat dan budaya di suatu tempat. Dengan begitu kita jadi memfilter budaya asing yang masuk dan memiliki kecintaan yang lebih dalam pada kearifan lokal negara kita," tutup Ike.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini