Share

Asah Minat dan Bakat Anak Bagus untuk Kesehatan Mental Lho, Simak Tipsnya!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 612 2597029 asah-minat-dan-bakat-anak-bagus-untuk-kesehatan-mental-lho-simak-tipsnya-4xqgIV5EqQ.jpeg Asah bakat dan minat anak (Foto : Timesofindia)

MENGASAH minat dan bakat anak ternyata bagus untuk kesehatan mental loh. Namun sayangnya orangtua terkadang bingung untuk mengetahui minat dan bakat anak.

Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi yang berdampak besar bagi setiap tahap kehidupan karena menyangkut kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial kita. Kesehatan mental turut membentuk bagaimana kita merasa, bagaimana kita berpikir dan bagaimana kita bertindak.

Pola Asuh Anak

Tidak dapat dipungkiri, situasi pandemi yang berkepanjangan telah memberikan dampak yang cukup kompleks. Munculnya rasa cemas, stres dan ketidakpastian yang berkelanjutan yang diciptakan oleh pandemi COVID-19 cukup membebani anak-anak dan remaja sehingga membawa mereka pada berbagai macam permasalahan kesehatan mental.

BACA JUGA : Catat! Ini Dampak Buruk Memperlakukan Anak Layaknya Seorang Teman

Diakui Yupi Indo Jelly Gum Juliwati Husman, fase anak dan remaja adalah fase yang sangat penting sehingga mereka memerlukan pondasi kesehatan mental yang kuat. agar dapat memenuhi tugas perkembangannya dan mengembangkan diri secara optimal.

"Pondasi ini akan memampukan mereka berkembang dengan cara yang sehat, mampu membangun hubungan sosial yang sehat, mampu beradaptasi dengan perubahan, memaksimalkan potensi maupun talenta yang dimiliki dan mampu menghadapi tantangan hidup," ujarnya dalam keterangan Yupi’s Got Talent 2022.

BACA JUGA : Tips Pola Asuh, Ini Manfaat Tak Paksa Anak Belajar untuk Perkembangan Otaknya

Juliwati menambahkan, mereka membutuhkan wadah untuk mengasah minat dan bakatnya. Karena di usianya, mereka butuh mengembangkan hal-hal positif dan kreativitas agar menjadi prestasi yang bisa dibanggakan.

"Sudah saatnya sekarang anak dan remaja ini menjadi lebih produktif dengan memanfaatkan media digital untuk berkreasi," tambahnya.

Sementara itu, dijelaskan Psikolog Yasinta, sebenarnya Ayah dan Bunda tidak sulit untuk mengetahui minat dan bakar anak. Bahkan sejak usia dini yang semestinya sering diasah.

”Saat anak sudah mengenali minat dan bakatnya, dia tahu hal-hal yang disukainya untuk masa depan,” ujar Yasinta.

Dia menyarankan, mulanya anak-anak harus diberi kebebasan dalam berekspresi untuk mengetahui talentanya. Jangan mencegah apapun yang disukai anak agar mereka tidak canggung.

”Dia tahu apa yang membuatnya happy, apa pekerjaan yang ingin dilakukan yang membuat hatinya senang,” terang Yasinta.

Kemudian Anda juga harus rajin mencari wadah digital agar anak berkreasi. Mereka pun harus dipacu untuk berkompetisi untuk menambah rasa percaya dirinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini