Share

Kalori Nasi Putih 1 Centong yang Sehat, Cegah Gula Darah Melonjak!

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 20 Mei 2022 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 298 2597341 kalori-nasi-putih-1-centong-yang-sehat-cegah-gula-darah-melonjak-oDIrePhlfz.jpg Kalori Nasi Putih 1 Centong (Foto: Livestrong)

KALORI nasi putih 1 centong akan dibahas dalam artikel ini. Menurut database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat, semangkuk nasi itu mengandung sekitar 242 kalori. Satu centong nasi putih itu juga mengandung 53 gram karbohidrat dan sedikit sekali seratnya.

"Sebagian besar karbohidrat pada nasi putih itu dalam bentuk pati dan sebagian lainnya adalah gula," terang laporan Live Strong, dikutip MNC Portal, Jumat (20/5/2022).

Kalori Nasi Putih 1 Centong

(Kalori Nasi Putih 1 Centong, Foto: Livestrong)

Jika Anda adalah orang yang mengatur asupan kalori harian, konsumsi nasi putih harus sangat dibatasi. Sebab, 1 centong nasi itu sebagian besar akan menjadi pati.

BACA JUGA : Hindari Diabetes, Ini 5 Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Nasi Putih

Nasi putih itu memiliki indeks glikemik 73 yang artinya akan meningkatkan gula darah Anda secara signifikan. Beda dengan beras merah yang indeks glikemiknya lebih kecil yaitu 68.

"Nasi putih kandungan lemaknya hampir nol. Artinya, jika Anda mengonsumsi nasi putih tanpa mentega maka Anda hampir tidak mendapatkan lemak sama sekali," tegas laporan kesehatan tersebut.

BACA JUGA : 5 Kesalahan Masak Nasi dengan Rice Cooker, Yakin Selama Ini Anda Sudah Benar?

Satu centong nasi putih mengandung lebih dari 4 gram protein yang menjadikannya sumber protein terbaik, meskipun apa yang Anda dapatkan dari 1 cangkir protein nasi masih lebih rendah daripada yang Anda dapatkan dari makanan kaya protein lainnya.

Lebih lanjut, nasi putih juga dipercaya mengandung zat besi, sedikit serat, dan vitamin B seperti riboflavin, niasin, dan thiamin. Tak hanya itu, beras juga kaya akan mineral dan vitamin.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini