Share

Dehidrasi Akibat Cuaca Panas Terik Bisa Memicu Komplikasi Berat, Kenali Gejala dan Cara Cegahnya

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597287 dehidrasi-akibat-cuaca-panas-terik-bisa-memicu-komplikasi-berat-kenali-gejala-dan-cara-cegahnya-2QFdKdef20.jpeg Waspada dehidrasi bisa picu komplikasi berat (Foto: Gulfnews)

BEBERAPA wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta sedang mengalami cuaca panas terik. Kondisi ini berisiko memicu seseorang mudah mengalami dehidrasi yang bisa mengakibatkan komplikasi berat.

Melansir dari Mayoclinic, penyakit komplikasi yang bisa timbul akibat cuaca panas terik adalah kejang-kejang, syok volume darah rendah (syok hipovolemik) hingga heatstroke yang bisa mengancam nyawa. Siapa pun bisa mengalami dehidrasi, namun bayi dan anak-anak sangat berisiko.

Cuaca Panas

Ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra mengatakan saat anak mengalami dehidrasi, segera dibawa ke dokter. "Mengetahui tanda-tanda dehidrasi sangat penting untuk segera membawa anak ke rumah sakit dan mendapat pertolongan," kata dr Yohan kepada MNC Portal, Jumat (20/5/2022)

Perlu diketahui dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), awal musim kemarau telah dimulai sejak kisaran April hingga Juni 2022. Diketahui, cuaca panas mampu meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan mudah berkeringat atau kehilangan cairan.

BACA JUGA : Cuaca Panas Terik, Coba Tips agar Terhidrasi Optimal!

BACA JUGA : Panas Terik hingga 36 Derajat Celsius, Ini Kata BMKG

Berikut tanda-tanda dehidrasi parah, bisa diperhatikan oleh orang dewasa, antara lain;

- Tidak buang air kecil atau buang air kecil berwarna kuning pekat

- Kulit sangat kering

- Merasa pusing

- Detak jantung cepat

- Napas cepat

- Mata cekung

dr Yohan menyarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan, bukan hanya didapatkan dari air minum. Melainkan juga bisa minuman sehat yaitu jus dan susu dan makanan berkuah, seperti sayur yang bisa menambah cairan tubuh.

"Selain memenuhi kebutuhan cairan dengan air putih, susu atau jus, dapat dipenuhi dari makanan berkuah seperti sop ayam, bubur ayam, atau buah yang banyak airnya seperti semangka, melon, dan anggur," jelas dr Yohan

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini