Share

Mengenal Hepatitis Fulminan: Cek Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597360 mengenal-hepatitis-fulminan-cek-gejala-penyebab-dan-cara-pengobatannya-jhA7uVFTYj.jpeg Mengenal hepatitis fulminan cek, gejala, penyebab, dan cara pengobatannya (Foto: Healthline)

MENGENAL hepatitis fulminan: cek gejala, penyebab dan cara pengobatannya. Hepatitis menjadi pembahasan hangat belakangan ini. Hal itu karena kasus hepatitis akut yang penyebabnya sampai sekarang belum diketahui alias masih misterius. Di sisi lain, publik juga penasaran dengan hepatitis fulminan. Apa itu?

Hepatitis fulminan adalah kondisi hati Anda mengalami kegagalan dalam waktu sangat cepat. Kegagalan hati tersebut terjadi hanya dalam beberapa hari atau minggu. Lantas, apakah ini sama dengan hepatitis akut yang diketahui menyebabkan kesakitan yang cepat?

Mengenal Hepatitis Fulminan? Cek Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

(Mengenal Hepatitis Fulminan? Cek Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya, Foto: Healthline)

Hepatitis fulminan memang terkesan sama dengan hepatitis akut. Mengingat perburukan gejala terjadi dalam waktu yang cepat dan hepatitis jenis ini terjadi secara mendadak.

"Hepatitis fulminan dapat terjadi pada orang yang sebelumnya memiliki penyakit hati atau tidak pernah memiliki masalah hati sama sekali," terang laporan WebMD, Jumat (20/5/2022).

Soal penyebab, karena hepatitis fulminan terjadi akibat gagal hati. Kegagalan hati itu dapat terjadi karena banyak faktor, namun yang paling sering adalah karena overdosis asetaminofen. Obat penghilang rasa sakit ini dapat ditemukan dengan mudah di obat bebas.

"Mengonsumsi obat asetaminofen dalam dosis tinggi dapat menyebabkan hati Anda gagal dengan cepat. Hal yang sama dapat terjadi jika Anda mengonsumsi lebih dari jumlah yang dianjurkan selama beberapa hari berturut-turut," tambah laporan tersebut.

Selain karena overdosis obat asetaminofen, hepatitis fulminan juga dapat terjadi karena:

1. Obat antibiotik atau obat kanker

Ya, beberapa antibiotik, obat kanker, dan obat lainnya dapat menyebabkan kerusakan hati yang berujung pada gagal hati.

2. Virus tertentu

Virus Epstein-Barr misalnya atau virus herpes simpleks dapat menyebabkan hepatitis fulminan.

3. Hepatitis autoimun

Ini terjadi ketika sistem kekebalan menyerang sel-sel di hati.

BACA JUGA : Dunia Waspadai Ancaman Hepatitis Akut

4. Kanker

Tumor yang ada di hati atau hasil sebaran ke hati dapat menyebabkan gagal hati.

BACA JUGA : Kenali 4 Kategori Pasien Hepatitis Misterius yang Menyerang Anak-Anak

5. Masalah vena

Salah satu penyakit pembuluh darah di hati yang disebut sindrom Budd-Chiari dapat menyebabkan penyumbatan yang dapat menyebabkan gagal hati.

6. Keracunan jamur

Jamur liar bernama Amanita phalloides yang juga disebut sebagai 'jamur cap maut' sangat berbahaya dan jika termakan, ini akan memicu keracunan dan pada akhirnya merusak hati.

7. Penyakit Wilson

Penyakit in pun dikaitkan dengan penyebab hepatitis fulminan. Sebab, memunkinan tembaga menumpuk di hati dan organ lainnya. Terlalu banyak tembaga bisa berbahaya.

Lalu, bagaimana dengan gejalanya? Apakah gejala hepatitis fulminan sama dengan hepatitis lainnya?

Gejala hepatitis fulminan dibagi menjadi dua fase, yaitu fase awal dan fase lebih lanjut. Pada fase awal, gejalanya berupa:

1. Tidak enak badan

2. Kelelahan

3. Mual

4. Rasa tidak nyaman di perut atau nyeri perut

Kalau gejalanya semakin parah, tandanya seperti:

1. Kulit dan bola mata menguning

2. Merasa sangat bingung

3. Mengantuk

4. Perubahan kepribadian atau perilaku, seperti jadi lebih gampang marah dari sebelumnya

5. Lebih mudah berdarah atau memar

6. Perut bengkak

So, itu dia sedikit pembahasan soal hepatitis fulminan. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan dapat mencari pertolongan jika gejala-gejala di atas muncul pada diri Anda, anak, orangtua, atau anggota keluarga lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini