Share

Ketahui Penyebab Cacar Air dan 7 Kelompok yang Rentan Terpapar

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597515 ketahui-penyebab-cacar-air-dan-7-kelompok-yang-rentan-terpapar-qDbQBZAE6E.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA penyebab cacar air atau chickenpox memang mudah dideteksi, lantaran penyakit ini menimbulkan infeksi yang menyebabkan ruam kulit. Penyakit ini juga disebut dengan nama varisela.

Cacar air umum dan kebanyakan menyerang anak-anak, tetapi bisa juga menyerang pada usia berapa pun. Umumnya akan membaik dengan sendirinya setelah 1 hingga 2 minggu tanpa perlu menemui dokter umum.

Penyakit ini mudah sekali menular. Siapapun yang melakukan kontak dengan penderita cacar air dan belum pernah mengalaminya akan tertular. Lantas, apa penyebab dari cacar air dan apa faktor resikonya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Penyebab Cacar Air

Penyakit cacar air disebabkan oleh infeksi dari virus Varicella zoster. Virus ini dapat melalui udara dari orang yang terinfeksi baik saat bersin atau batuk. Bisa juga dengan bersentuhan dengan cairan dari mata, hidung, atau mulut anak yang terinfeksi. Perlu diketahui penderita cacar air dapat menularkan virus ini sejak 1 hingga 2 hari sebelum muncul ruam sampai lepuhan mengering.

Cacar Air

Faktor Resiko Cacar Air

Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit cacar air, yakni:

- Orang yang belum pernah menderita cacar air

- Orang yang belum menerima vaksin cacar air

- Orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah (imunokompromais), seperti penderita kanker, menjalani kemoterapi atau orang yang menggunakan obat-obatan kortikosteroid dosis tinggi, orang dengan HIV/AIDS

- Orang yang bekerja di fasilitas umum, seperti sekolah, day care, dan rumah sakit

- Bayi yang terlahir dari ibu yang terdiagnosis cacar air 2 hingga 5 hari sebelum melahirkan

- Ibu hamil yang belum pernah tertular cacar air

- Anak usia sekolah yang juga belum pernah terkena cacar air

Demikian penyebab dan faktor resiko dari cacar air yang perlu diperhatikan. Jika belum pernah mengalaminya, pastikan segera mendapatkan vaksinasi agar terhindar dari penularan cacar air.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini