Share

Kenali 6 Gejala Cacar Air dan 3 Tahapan Ruam yang Jadi Ciri Khas

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597535 kenali-6-gejala-cacar-air-dan-3-tahapan-ruam-yang-jadi-ciri-khas-g89a7pU8Jq.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

GEJALA cacar air memang mudah dilihat dengan mata telanjang. Kebanyakan penyakit cacar air akan memperlihatkan bintik merah di sekujur tubuh yang disertai dengan rasa gatal.

Cacar air bisa disebabkan oleh virus varicella-zoster yang mampu menular dengan cepat melalui udara saat penderita batuk maupun bersin, serta kontak langsung dari cairan lendir, ludah, maupun dari lepuhan pada kulit.

Kebanyakan orang akan terkena virus ini jika saat masih muda belum mendapat vaksin cacar air. Selain itu, seorang anak yang menderita cacar air dapat dengan mudah menularkan virus kepada anak-anak lain. Lantas, bagaimana gejala penyakit cacar air? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Umumnya gejala cacar air muncul 10 hingga 21 hari setelah terpapar virus varisela. Gejala awal yang muncul berupa adanya bintik merah yang gatal. Biasanya muncul di area dada, punggung, wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh.

Cacar Air

Dalam sebagian kasus, ruam cacar air dapat menyebar ke area lain, seperti mata, tenggorokan, hingga kelamin.

Terdapat tiga tahapan ruam cacar air yang khas, antara lain:

Tahap 1: Muncul bintik berwarna merah kecil yang menonjol di bagian tubuh

Tahap 2: Adanya bintik merah yang menonjol berisi cairan atau vesikel seperti tetesan embun yang berubah menjadi lepuh atau blister. Di tahap ini penderita biasanya merasakan rasa tidak nyaman dan gatal.

Tahap 3: Ruam yang melepuh berubah menjadi kerak dan koreng. Lepuhan ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk sembuh dan mengering.

Adapun ciri-ciri lain yang menyertai ruam cacar air, antara lain:

- Demam tinggi

- Sakit kepala

- Nyeri otot

- Nyeri perut ringan

- Hilang nafsu makan

- Mudah lelah dan lemas

Demikian gejala dari cacar air yang perlu diketahui. Pastika, bila merasakan gejala cacar air segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan tubuh dan area yang terkena cacar agar segera sembuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini