Share

5 Cara Mencegah Terserang Penyakit di Musim Hujan, Coba Yuk Bestie!

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597549 5-cara-mencegah-terserang-penyakit-di-musim-hujan-coba-yuk-bestie-Xc8s1GBb6h.jpg Musim hujan masih berlangsung (Foto: Shutterstock)

SAAT ini musim hujan masih berlangsung. Ancaman bakteri dan virus masih aktif. Alhasil banyak masyarakat yang mudah jatuh sakit selam musim penghujan. Kondisi ini juga kian diperparah dengan pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Walau demikian, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan, sebab beberapa penyakit yang datang selama musim hujan masih dapat dicegah. Merangkum dari laman Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, berikut tips mencegah serangan penyakit di musim hujan.

 musim hujan

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Imun yang kuat membuat tubuh mampu melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi atau penyakit. Perkuat imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dan kaya antioksidan seperti buah dan sayuran serta istirahat cukup.

2. Olahraga teratur

Jangan jadikan musim hujan sebagai penghalang. Olahraga juga bisa dilakukan dalam rumah seperti lompat tali, yoga, push-up, dan sit-up. Lakukan hal ini rutin minimal 30 menit setiap harinya minimal 3 kali seminggu. Jangan lupa pemanasan sebelum dan pendinginan untuk cegah kram otot.

3. Jaga kebersihan

Rutin cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah menyentuh benda kotor. Jika mau memasak, pastikan bahan makanan dan peralatan memasak sudah dicuci bersih. Jika di luar rumah, hindari kerumunan, pakai masker dan selalu jaga jarak fisik.

4. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi influenza, dengue, dan hepatitis A untuk meningkatkan sistem imun. Kenali berbagai jenis penyakit lainnya yang sering muncul saat musim banjir dan hujan seperti diare, tifoid, leptospirosis, serta lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

 BACA JUGA:Hati-Hati, Hujan diserati Angin Kencang Landa Beberapa Wilayah Jakarta

5. Hindari gigitan nyamuk demam berdarah

Caranya dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) menggunakan prinsip 3M plus.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini