Share

Waspada Cacar Air Pada Anak, Begini Cara Mengobatinya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597567 waspada-cacar-air-pada-anak-begini-cara-mengobatinya-fTGvJjijnA.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

CACAR air pada anak menjadi salah satu momok bagi setiap orangtua. Pasalnya, cacar air akan membuat anak merasa tidak nyaman dan kondisi ini sering membuat anak rewel.

Cacar air memang bisa menjangkit siapa saja, namun kebanyakan penyakit ini menyasar kepada anak-anak di bawah 10 tahun sebagaimana yang Okezone kutip dari laman health.ny.gov. Anak-anak yang tengah terkena cacar air sebaiknya beristirahat di rumah agar cepat sembuh dan tidak menularkannya pada orang lain.

Lantas, sebenarnya Apa Penyebab dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak? Simak informasinya berikut ini.

Cacar air disebabkan karena adanya inveksi virus varicella-zoster pada anak. Nah, meski tergolong penyakit yang ringan namun penyakit cacar air ini merupakan sebuah penyakit yang sangat menular.

Anak Cacar Air

Mengutip dari laman health.ny.gov, penularan cacar air bisa melalui kontak langsung dengan penderita, yaitu melalui sentuhan pada lentingan cacar, air lar, atau lendir. Virus penyebab cacar air juga bisa menular melalui droplet saat batuk dan bersin yang kemudian dibawa oleh udara.

Anak yang tertular cacar air akan mengalami gejala berupa munculnya ruam merah pada tubuh, berisi cairan, dan penyebaran menyeluruh di seluruh tubuh. Umumnya anak-anak juga akan merasakan demam dan rasa yang tidak nyaman.

Meskipun demikian, pada umumnya gejala cacar air hanya akan muncul selama 14 hingga 16 hari. Penyakit ini tidak mematikan dan dapat sembuh dengan dibantu obat dari dokter dan tritment yang tepat.

Cara Mengobati Cacar Air

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati cacar air pada anak. Anda bisa memeriksakannya pada dokter ataupun melakukan pengobatan di rumah.

Jika Anda pergi ke dokter, umumnya dokter akan meresepkan obat cacar air berupa obat antihistamin untuk mengurangi atau menghilangkan rasa gatal atau obat penurun demam untuk mengurangi demam dan jugua mengurangi rasa nyeri.

Anda bisa melakukan pengobatan di rumah dengan :

- Mengoleskan losion calamnine untuk meredakan gatal

- Mandi dengan air oatmeal

- Mandi dengan soda kue

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini