Share

Kenali Ciri-Ciri Cacar Air dan Gejala Umum yang Harus Diwaspadai

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597583 kenali-ciri-ciri-cacar-air-dan-gejala-umum-yang-harus-diwaspadai-9T4MjSMfPx.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

ADA ciri-ciri cacar air dan gejala umum yang harus diketahui oleh para orang tua. Pasalnya, cacar air tidak hanya bisa menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Penyakit cacar air disebabkan oleh adanya infeksi virus varicella-zoster, salah satu tipe virus herpes. Cacar air dikategorikan sebagai penyakit ringan namun sangat mudah menular. Maka dari itu, penderita cacar air sebaiknya beristirahat di rumah untuk mencegah penularan dan mempercepat penyembuhan.

Meski sudah banyak yang tahu mengenai ciri-ciri dan gejalanya, berikut Okezone informasikan kembali mengenai ciri-ciri cacar air dan gejala umumnya yang Harus Anda Waspadai.

Umumnya, setelah seseorang terinfeksi virus ini tidak akan langsung menunjukan ciir-cirinya. Namun di awali dengan gejala umum, seperti:

- Munculnya demam

- Hilangnya nafsu makan

- Badan terasa lemas dan lelah

- Kepala terasa sakit

- Nyeri pada sendi dan juga otot

Cacar Air

Baru setelah itu ciri-cirinya akan muncul . Ciri-ciri cacar air berupa:

- Munculnya bintik-bintik dengan warna kemerahan yang muncul pada sekujur kulit tubuh

- Bintik-bintik ini akan berubah menjadi lentingan yang berisi cairan

- Kemudian setelah beberapa waktu lentingan akan memecah dan menjadi luka kering

Lentingan cacar pada tubuh akan hilang setelah beberapa hari. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. Umumnya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa gatal seperti antihistamin, penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen, serta obat herpes seperti acyclovir.

Adapun pencegahan penyakit cacar air yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan imunikasi vaksin cacar air pada anak. Sesuai rekomendasi dari dokter, anak dapat diberikan suntikan pertamanya pada umur 12-15 bulan. Kemudian vaksin lanjutan diberikan pada saat anak sudah berumur 4-6 tahun.

Suntikan vaksin ini juga bisa untuk memperingan gejala cacar yang terjadi pada anak sehingga tidak begitu menganggu aktivitas.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini