Share

Berapa Lama Masa Inkubasi Virus Penyebab Cacar Air?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597587 berapa-lama-masa-inkubasi-virus-penyebab-cacar-air-zs0hGfFtHH.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

MASA inkubasi virus penyebab cacar air rata-rata diketahui selama 14-16 hari setelah seseorang terpapar virus. Penyakit cacar air bisa memang bisa menjangkit siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun, menurut Healthy Children, penyakit cacar air paling sering terjadi pada anak-anak di bawah 10 tahun. Anak-anak yang terserang penyakit cacar air biasanya akan merasakan rasa tidak nyaman sehingga anak sering rewel.

Lantas, apa penyebab cacar air dan bagaimana gejala serta cara mengobatinya? Simak informasinya berikut ini.

Cacar Air

Penyabab dari penyakit cacar air adalah karena adanya infeksi virus herpes varicella-zoster . Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang sangat mudah untuk menular. Meski demikian, penyakit ini tidak mematikan.

Penularan penyakit ini bisa melalui droplets penderita saat batuk atau bersin yang tersebar melalui udara. Tak hanya itu, kontak langsung dengan penderita, seperti menyentuh lentingan cacar, juga dapat menyebabkan Anda tertular cacar.

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya, masa inkubasi virus ini adalah sekitar 14-16 hari. Jadi, saat seseorang tertular virus ini mereka tidak akan langsung menunjukan ciri-ciri dan gejalanya. Gejala akan muncul beberapa hari setelahnya.

Gejala umum cacar air berupa munculnya ruam kemerahan pada tubuh yang kemudian akan berubah menjadi lentingan berisi air. Gejala ini akan menyebar ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, penderita juga akan mengalami demam dan rasa tidak enak pada tubuh. Semakin banyak lentingan, biasanya akan semakin tinggi demam yang akan di alami.

Setelah beberapa minggu, lentingan akan mengering dan mengelupas dengan sendirinya. Demam yang dialami penderita juga akan menurun dengan sendirinya.

Ada beberapa cara untuk mengobati cacar air:

- Kunjungi dokter. Dokter akan meresepkan beberapa obat, salah satunya adalah obat acyclovir. Obat ini ampuh dalam mengobati lentingan cacar.

- Selain meresepkan acyclovir, dokter juga akan meresepkan obat penurun demam. Seperti paracetamol atau acetaminophen.

- Sebagai orang tua, cegah anak Anda untuk tidak menggaruk bintik atau lentingan cacar. Berikan obat anti gatal atau kompres bagian yang gatal.

- Berikan makanan yang bergizi.

Demikian informasi mengenai Berapa Lama Masa Inkubasi Virus Penyebab Cacar Air? Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini