Share

Masyarakat Sudah Boleh Lepas Masker, Yuk Sedia Alat Tes Covid-19 Mandiri di Rumah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 18:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 481 2597602 masyarakat-sudah-boleh-lepas-masker-yuk-sedia-alat-tes-covid-19-mandiri-di-rumah-rxAeWk3pDf.jpg Ilustrasi Tes Antigen. (Foto: Freepik)

MESKIPUN pemerintah telah melakukan pelonggaran masker, bukan berarti virus Covid-19 sudah menghilang dari Indonesia. Oleh karena itu, ketika mengalami gejala mirip Covid-19, ada baiknya kita memeriksa.

Testing Covid-19 yang ada di tengah masyarakat adalah antigen dan RT-PCR. Saat ini, sudah banyak alat tes Covid-19 mandiri yang bisa kita beli. Salah satunya adalah Juvara self-test dan C-Saliva PCR.

Direktur PT Jayatunggal Sekarmulia, Michael Rusli, mengatakan alat uji kualitatif immunochromatographic assay ini akan mendeteksi protein Covid-19 secara mandiri yang dihasilkan oleh virus yang bereplikasi di area hidung (nasal).

Menurutnya, pengambilan sampel cukup sampai rongga hidung, dan tidak perlu masuk ke nasofaring. Oleh karena itu, orang awam pun bisa menggunakannya tanpa perlu takut melukai saluran penapasan."Juvara self-test sudah diuji oleh UNPAD dengan hasil sensitivitas nilainya 100% dan spesifisitas 100%. Hasilnya bisa keluar hanya dalam waktu 10 menit," jelas Michael.

Sementara C-Saliva, merupakan viral transport medium untuk pengambilan spesimen mikrobiologi, transportasi, dan penyimpanan sampel air liur untuk dianalisis dengan uji diagnostik berdasarkan asam nukleat. Alat ini pun menggunakan larutan bersifat inactivated untuk mengurangi risiko penularan, dab lebih aman dalam pengumpulan dan transportasi.

"C-Saliva memfasilitasi uji diagnostik rutin seperti ekstraksi RNA dan uji PCR. Isi nilai kesesuaian C-Saliva PCR dengan nasofaring dalam kemasan adalah KAPPA 0,66 (sangat kuat) dan NPN 99,42%," ungkap Divisi Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dr. Lia Faridah, M.Si.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini