Share

Jangan Abaikan, Berikut Tanda Seseorang Harus ke Psikolog

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 612 2597451 jangan-abaikan-berikut-tanda-seseorang-harus-ke-psikolog-8GZc6y3dub.jpg Merasa depresi dalam hidup (Foto: Pixabay)

KESEHATAN mental tak boleh diabaikan sebab jika mental sakit, fisik juga akan mengikuti.

Nah, secara umum depresi memiliki gejala yang sama bagi semua orang di berbagai kalangan usia, seseorang tidak bisa melakukan self-diagnosis atau mendiagnosa diri sendiri. Hal ini diungkapkan oleh Psikolog dari Universitas Indonesia Kasandra A. Putranto.

 depresi

Menurut Kasandra, mendiagnosa diri sendiri mengidap penyakit atau gangguan tertentu, misalnya depresi, merupakan sesuatu yang berbahaya.

"Menyebabkan kekhawatiran yang tidak perlu dan jika kekhawatiran memburuk maka dapat mengembangkan gangguan kecemasan," kata Kasandra.

Kasandra menambahkan, mendiagnosa diri sendiri juga dapat membuat seseorang tidak bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Bahkan, masalah lain yang bisa saja lebih serius menjadi tidak terdiagnosis karena terlalu fokus pada penyakit atau gangguan yang belum tentu diderita.

"Dengan mendiagnosa diri dengan penyakit atau gangguan yang tidak tepat, dia akan mencari treatment yang tidak tepat pula. Hal itu juga bisa menyebabkan masalah lain tidak terdiagnosis, misalnya dia tidak sadar kalau punya komorbid," ujar Kasandra.

Oleh karena itu, Kasandra mengatakan pentingnya menghindari self-diagnosis dengan langsung konsulitasi kepada psikolog atau psikiater dan menyampaikan keluhan yang dirasakan agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

 BACA JUGA:Rehat Seminggu dari Medsos Efektif Kurangi Depresi dan Kecemasan

"Boleh riset dari sumber terpercaya, namun jangan terpaku pada satu jawaban dan tetap konsultasi pada orang yang tepat," kata Kasandra.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini