Share

Waspada! Ini 3 Cara Penularan Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak Sapi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 612 2597482 waspada-ini-3-cara-penularan-penyakit-mulut-dan-kuku-pada-hewan-ternak-sapi-sS8itvZe5B.jpg Ilustrasi Hewan Ternak. (Foto: Okezone)

ADA 3 cara penularan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak sapi harus diwaspadai. Mengingat penyakit mudah menular antar hewan ternak dan kian meluas di berbagai daerah.

Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK dalam bahasa Inggris disebut Foot and Mouth Disease (FMD) merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus.

Kasus pertama penyakit PMK ini muncul di Gresik, Jawa Timur, pada 28 April 2022 lalu. Hingga kini, penyakit PMK kian meningkat. Nah, Anda perlu tahu bagaimana penyakit ini menular. Berikut adalah 3 Cara Penularan Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak Sapi.

drh. GM Sofyannoor dari DPKH Kabupaten Kobar mengatakan ada 3 cara penularan penyakit ini pada hewan ternak termasuk sapi, yaitu:

1. Kontak langsung yang terjadi antara hewan ternak yang terjangkit PMK dengan yang masih sehat. Penularan secara langsung ini biasa melalui droplet, cairan hidung, dan kulit yang terinveksi.

2. Kontak tidak langsung terjadi melalui carrier atau pembawa virus. Carrier ini bisa berupa manusia, alat dan peralatan lain yang digunakan dan telah terkontaminasi virus.

3. Melalui udara. PMK bisa menular melalui udara dengan radius 10 KM dari titik kasus. Misal pada Kabupaten Gresik terdapat ternak yang terjangkit PMK, maka ternak dalam radius 10 km dari Kabupaten Gresik berpotensi tertular penyakit yang sama.

Adapun hewan-hewan yang rentan terkena PMK selain sapi adalah kambing, kerbau, unta, gajah, rusa, babi, domba, dan beberapa hewan lainnya.

Hewan ternak yang terjangkit PMK akan mengalami gejala, seperti demam hingga 41 derajat celcius, kurang bahkan hilang nafsu makan sehingga berat badan turun secara drastis, menggigil, mengurangi produksi susu.

Pada sapi biasanya menunjukan gejala menggertakan gigi, mengeluarkan liur, menggosokan bibir. Demikian informasi mengenai 3 Cara Penularan Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak Sapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini