Share

Mengenal Apa Itu Bypass Jantung, Operasi yang Dijalankan Miing

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 481 2597871 mengenal-apa-itu-bypass-jantung-operasi-yang-dijalankan-miing-rwV4izamuJ.jpg Mengenal apa itu bypass jantung, operasi yang dijalankan Miing (Foto: Daily Mail)

JAKARTA - Komedian Tubagus Dedi Suwendi Gumelar alias Miing Bagito dikabarkan segera melakukan operasi bypass koroner, atau umumnya disebut bypass jantung.

Dilansir dari Mayoclinic, Sabtu (21/5/2022), istilah ini dikenal bagi penderita jantung, di mana adanya penyumbatan darah di area jantung.

Namun, Bypass Jantung (operasi bypass koroner) masih belum familiar di tengah masyarakat karena tindakannya memerlukan bedah/operasi, sehingga tidak sembarangan.

Diketahui, operasi bypass koroner salah satu pilihan pengobatan jika anda memiliki arteri yang tersumbat ke jantung.

Bypass jantung ini, dapat dilakukan dalam situasi darurat, seperti serangan jantung. Saat anda mengalami serangan jantung, dokter akan mempertimbangkan banyak hal.

Pertimbangan tersebut, dilakukan untuk menjelaskan dampak/efek sampingnya. Anda dan dokter mungkin mempertimbangkannya jika:

- Anda mengalami nyeri dada parah, disebabkan oleh penyempitan beberapa arteri yang memasok otot jantung, membuat otot kekurangan darah bahkan selama olahraga ringan atau saat istirahat.

- Anda memiliki lebih dari satu arteri koroner yang sakit, dan ruang pemompaan utama jantung ventrikel kiri tidak berfungsi dengan baik.

- Arteri koroner utama kiri, sangat menyempit atau tersumbat. Arteri ini memasok sebagian besar darah ke ventrikel kiri.

- Ketika memiliki penyumbatan arteri tidak dapat diobati dengan prosedur yang melibatkan memasukkan sementara dan menggembungkan balon kecil untuk memperlebar arteri (angioplasti).

- Jika pernah menjalani angioplasti sebelumnya atau penempatan tabung wire mesh kecil (stent) untuk menahan arteri terbuka belum berhasil. Atau pernah memasang stent, tetapi arteri menyempit lagi.

Perlu diketahui, jika operasi bypass koroner (Jantung) tidak memastikan seseorang sembuh dari penyakit jantung.

"Operasi bypass koroner tidak menyembuhkan penyakit jantung yang menyebabkan penyumbatan, seperti aterosklerosis atau penyakit arteri koroner," lapor Mayoclinic.

Kendati demikian, bypass jantung dapat meredakan gejala, seperti nyeri dada dan sesak napas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini