Share

Asal-Usul Virus Hendra yang Mematikan, Ini Penjelasan IDI

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 481 2597893 asal-usul-virus-hendra-yang-mematikan-ini-penjelasan-idi-83Xomza9YX.jpg Asal-usul virus hendra yang mematikan, ini penjelasan IDI (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Belum usai dengan virus Covid-19 dan hepatitis akut misterius, kini dunia dihadirkan virus baru, yakni hendra. Pertama kali terdekteksi di Australia, mengakibatkan kematian pada kuda.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Dr. Zubairi Djoerban, SpPD KHOM, dalam utas di akun Twitter pribadinya, menjelaskan bagaimana virus hendra bisa hadir.

Zubairi mengatakan, jika virus hendra ini berawal dari kelelawar pemakan buah.

"Sebenarnya dari hewan mana virus Hendra ini berasal? Inang alami virus ini adalah kelelawar pemakan buah-buahan," ujar Zubairi, dikutip dari akun Twitternya @ProfesorZubairi, Sabtu (21/5/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan buah yang telah digigit oleh kelelawar jatuh dan dimakan oleh Kuda. Lalu, kuda tersebut menjadi sakit, setelah mengonsumsi buah bekas kelelawar tadi.

Bagaimana Bisa Menyebar?

Zubairi menambahkan, jika penularan dari virus hendra ini berawal dari pohon yang ditebang. Sehingga, kelelawar berpindah tempat (pohon) ke sekitar area rumah penduduk atau peternakan kuda.

"Rupanya kalau ada penebangan hutan, maka kelelawar itu akan pindah terbangnya ke pohon-pohon yang dekat rumah, dekat peternakan kuda. Jadi hati-hati dengan penebangan hutan," tegas dia.

Mengenai penularan virus hendra ke manusia, ia menyebutkan, harus menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh kuda yang terinfeksi virus hendra ini.

Menurutnya, sejauh ini belum ada penelitian atau bukti virus hendra mampu ditularkan langsung dari kelelawar ke manusia, melainkan dari Kuda ke manusia.

"Hingga saat ini, belum ada bukti penyebaran hendra dari manusia ke manusia, maupun kelelawar ke manusia. Manusia hanya tertular dari kuda," cuitnya.

Dirinya memaparkan, jumlah kasus virus hendra sampai Maret 2021, totalnya ada 63 kasus pada kuda di Australia, mengakibatkan 105 kematian kuda, dan 4 kematian di antara 7 kasus manusia yang terkonfirmasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini