Share

Cerita Duka yang Kerap Dialami HR dan Cara Menghadapinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 612 2598033 cerita-duka-yang-kerap-dialami-hr-dan-cara-menghadapinya-yTI9JfEOse.jpg Cerita duka yang kerap dialami HR dan cara menghadapinya (Foto: YouTube/Partai Perindo)

JAKARTA - Menjalani profesi sebagai Human Resources (HR) atau perekrut, ternyata tidaklah mudah. Berbagai tantangan dihadapi mereka, antara mengikuti aturan perusahaan dan juga berhadapan dengan karyawan.

Notabenenya, HR dan karyawan sangat berkaitan, khususnya dalam sisi psikologisnya.

Psikolog Industri Organisasi, Endro Puspo Wiroko mengatakan, bahwa tidak semua seorang HR berlatar belakang psikolog.

Tidak sedikit mereka yang akhirnya menempati posisi tersebut, tetapi dulunya berasal dari jurusan akuntansi, pendidikan, bahkan teknik.

"Ada yang bekerja sesuai jurusan, ada yang tidak. Akhirnya kita menilai, cocok atau nggak," kata Endro dalam podcast Aksi Nyata di channel YouTube Partai Perindo, Sabtu (21/05/22).

Ia melanjutkan, sebagai seseorang yang berpengalaman dalam posisi itu, terkadang HR merasa dilema dengan posisinya. Apalagi bagi mereka yang latar belakangnya bukan dari psikolog.

"Kita tahu kalau HR itu kakinya dua, yang satu di manajemen, satunya lagi di karyawan. Manajemen buat kebijakan HR harus dukung, kalau enggak nanti dipecat. Tetapi kalau HR nggak dengerin karyawan, pas makan siang nanti dimusuhin," terangnya.

Namun, untuk menghadapi itu semua, kata Endro, biasanya HR akan mengevaluasi dirinya sendiri.

Salah satunya, dengan bercerita dengan rekan sesamanya yang juga HR, mengutarakan isi hatinya, apakah ia benar-benar cocok di posisinya saat itu.

Lebih lanjut, ketika seorang HR telah mencoba mengevaluasi dirinya sendiri, jika jiwa HR-nya masih tertanam, maka ia akan fokus ke salah satu tugas yang masih berhubungan dengan posisinya itu.

Misalnya, HR itu adalah lulusan dari ekonomi, maka dalam kesempatannya ia akan berfokus terhadap masalah salary karyawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini